Event
1 : Masker on the Street (Monster)
Masker
on the Street (Monster) merupakan sebuah event
kampanye yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan
konsentrasi manajemen komunikasi (mankom) Fikom Unpad. Kegiatan ini dilakukan
untuk menyadarkan dan menumbuhkan kepedulian bagi warga Jawa Barat. Belum
banyak warga yang sadar akan bahaya polusi udara, untuk itu mahasiswa manajemen
komunikasi mengadakan kegiatan tersebut.
Kampanye
dilakukan di kawasan Car Free Day
(CFD) Dago dengan berkeliling kawasan tersebut sambil membagi-bagikan masker
dan brosur informasi mengenai bahaya polusi. Acara yang bertempat di Gossip
Factory Outlet ini berlangsung sangat meriah. Pengunjung CFD yang ikut
berpartisipasi dengan menggunakan masker ini bukan hanya pengendara motor saja
tetapi juga pejalan kaki.
Panji,
ketua acara monster, mengaku merasa puas atas terselanggaranya kegiatan ini.
Sebanyak 80% orang kini telah mengetahui akan bahaya polusi dan 70% telah menggunakan
masker.
Kegiatan dibuka oleh perkusi, kemudian
sambutan-sambutan. Setelah itu dilanjutkan dengan gerak jalan sambil berorasi
di sekitar kawasan CFD. Tidak ketinggalan aksi para panitia pun ditunjukkan
dengan melakukan flashmob di stand monster dan acara ditutup dengan pertunjukkan
dari Dimance Band.
Event 2 : Hari Susu Nusantara 2012
Hari
Susu Nusantara yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu diperingati pada hari minggu
(4/6) dalam acara Hari Susu Nusantara 2012 di Car Free Day (CFD) Dago. Acara tersebut diselenggarakan oleh UKM
Cattle and Buffalo Club (CBC) Fakultas Peternakan Unpad. Kegiatan ini diisi
oleh kegiatan kampanye dan pawai mengelilingi kawasan CFD.
Acara
dimeriahkan pula oleh tim Cheerleader Bandung. Menurut ketua pelaksana
kegiatan, Fuad Nur Hafiyan, peringatan hari susu nusantara tahun ini diadakan
di Jogja, namun beberapa kota besar seperti Bandung ikut merayakannya.
Dengan
jargon “Susu segar, badan bugar, otak pintar”, acara ini bertujuan untuk
menarik minat masyarakat akan pentingnya mengonsumsi susu. Acara ini dikemas
dengan menarik. MC yang atraktif membuat pengunjung CFD terutama anak-anak
terhibur. Acara yang dinanti-nanti, yakni pembagian susu gratis merupakan acara
puncak dari kegiatan ini. Pembagian susu gratis tersebut menurut Fuad akan
diselenggarakan hingga 4 minggu ke depan.
Analisis perbandingan
kedua acara :
Dari
segi kemeriahan, kedua acara tersebut sudah meriah dan dapat menarik khalayak
dengan caranya masing-masing. Dalam hal kuantitas panitia penyelenggara,
panitia peringatan Hari Susu Nusantara lebih sedikit dibandingkan dengan
monster. Terlihat pada saat melakukan pawai di kawasan sekitar CFD, pawai monster
terlihat lebih meriah dan lebih menarik perhatian. Ketika melakukan pawai,
terdapat perwakilan monster yang meneriakkan informasi mengenai bahaya polusi,
dan banyak terlihat tulisan-tulisan pesan pada papannya. Sedangkan pada pawai
yang dilaksanakan oleh panitia peringatan hari susu nusantara tidak memberikan
pesan untuk meminum susu, padahal ada leader yang memimpin selama pawai
berlangsung. Pada papan yang dibawa saat pawai. Malah, mereka mereka membawa papan
iklan sponsor saja, seperti “ga usah galau, ke Glow aja”. Pesan mengenai hari
susu nusantara hanya terdapat pada spanduknya. Setiap acara pasti memiliki
kekurangan dan kelebihan masing-masing.
No comments:
Post a Comment