Thursday, 7 June 2012


Event 1 : Masker on the Street (Monster)

Masker on the Street (Monster) merupakan sebuah event kampanye yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi manajemen komunikasi (mankom) Fikom Unpad. Kegiatan ini dilakukan untuk menyadarkan dan menumbuhkan kepedulian bagi warga Jawa Barat. Belum banyak warga yang sadar akan bahaya polusi udara, untuk itu mahasiswa manajemen komunikasi mengadakan kegiatan tersebut.
Kampanye dilakukan di kawasan Car Free Day (CFD) Dago dengan berkeliling kawasan tersebut sambil membagi-bagikan masker dan brosur informasi mengenai bahaya polusi. Acara yang bertempat di Gossip Factory Outlet ini berlangsung sangat meriah. Pengunjung CFD yang ikut berpartisipasi dengan menggunakan masker ini bukan hanya pengendara motor saja tetapi juga pejalan kaki.
Panji, ketua acara monster, mengaku merasa puas atas terselanggaranya kegiatan ini. Sebanyak 80% orang kini telah mengetahui akan bahaya polusi dan 70% telah menggunakan masker.
Kegiatan dibuka oleh perkusi, kemudian sambutan-sambutan. Setelah itu dilanjutkan dengan gerak jalan sambil berorasi di sekitar kawasan CFD. Tidak ketinggalan aksi para panitia pun ditunjukkan dengan melakukan flashmob di stand monster dan acara ditutup dengan pertunjukkan dari Dimance Band.

 Event 2 : Hari Susu Nusantara 2012
 Hari Susu Nusantara yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu diperingati pada hari minggu (4/6) dalam acara Hari Susu Nusantara 2012 di Car Free Day (CFD) Dago. Acara tersebut diselenggarakan oleh UKM Cattle and Buffalo Club (CBC) Fakultas Peternakan Unpad. Kegiatan ini diisi oleh kegiatan kampanye dan pawai mengelilingi kawasan CFD.
Acara dimeriahkan pula oleh tim Cheerleader Bandung. Menurut ketua pelaksana kegiatan, Fuad Nur Hafiyan, peringatan hari susu nusantara tahun ini diadakan di Jogja, namun beberapa kota besar seperti Bandung ikut merayakannya.
Dengan jargon “Susu segar, badan bugar, otak pintar”, acara ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat akan pentingnya mengonsumsi susu. Acara ini dikemas dengan menarik. MC yang atraktif membuat pengunjung CFD terutama anak-anak terhibur. Acara yang dinanti-nanti, yakni pembagian susu gratis merupakan acara puncak dari kegiatan ini. Pembagian susu gratis tersebut menurut Fuad akan diselenggarakan hingga 4 minggu ke depan.

Analisis perbandingan kedua acara    :
Dari segi kemeriahan, kedua acara tersebut sudah meriah dan dapat menarik khalayak dengan caranya masing-masing. Dalam hal kuantitas panitia penyelenggara, panitia peringatan Hari Susu Nusantara lebih sedikit dibandingkan dengan monster. Terlihat pada saat melakukan pawai di kawasan sekitar CFD, pawai monster terlihat lebih meriah dan lebih menarik perhatian. Ketika melakukan pawai, terdapat perwakilan monster yang meneriakkan informasi mengenai bahaya polusi, dan banyak terlihat tulisan-tulisan pesan pada papannya. Sedangkan pada pawai yang dilaksanakan oleh panitia peringatan hari susu nusantara tidak memberikan pesan untuk meminum susu, padahal ada leader yang memimpin selama pawai berlangsung. Pada papan yang dibawa saat pawai. Malah, mereka mereka membawa papan iklan sponsor saja, seperti “ga usah galau, ke Glow aja”. Pesan mengenai hari susu nusantara hanya terdapat pada spanduknya. Setiap acara pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.





No comments:

Post a Comment