TUGAS DIPLOMASI PUBLIK
1.
Masalah Komunikasi di Instansi Pemerintah
Kabupaten Pandeglang
Persepsi masyarakat yang kurang
percaya diri terhadap potensi wilayah yang dapat meningkatkan perekonomiannya.
2.
Tujuan Komunikasi Pranata Humas atas
kasus diatas :
·
Agar tercipta pemahaman yang sama untuk
mengembangkan potensi wisata sebagai penggerak perekonomian masyarakat.
·
Agar masyarakat mempunyai jiwa memiliki terhadap
tempat wisata sehingga mau menjaga
·
Membangun hubungan yang baik antara
pemerintah daerah dengan masyarakat
·
Agar masyarakat luas mengetahui informasi
mengenai potensi wilayah kabupaten
3.
Key Message
· Membangun
citra dengan berbagai pendekatan komunikasi untuk meningkat perekonomian
masyarakat melalui sektor wisata, ekonomi kreatif, dan UMKM di Pandeglang the Sunset of Java
4.
Keyword efektif :
-
#Sunset of Java
o
Pantai
§
Sebagai tagline pariwisata Kabupaten Pandeglang.
Kab. Pandeglang yang terletak di ujung barat pulau jawa, menjadi lokasi wisata terbaik untuk
menikmati keindahan pantai sambil menikmati kuliner khas laut dan makanan
tradisional.
o
Badak Bercula Satu
§
Pandeglang juga dikenal dengan badaknya, karena
di kawasan ini terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang menjadi tempat
perlindungan badak bercula satu yang merupakan satu dari lima spesies langka di
dunia.
-
#UMKM
o
Badak Bercula Satu
Sovenir yang dibuat oleh para
pelaku UMKM diantaranya miniature badak, plakat badak, batik badak, kotopong,
lukisan badak, dan souvenir lainnya.
o
Makanan tradisional
Makanan tradional Pandeglang yang terkenal diantaranya yaitu otak-otak,
durian, seafood, jojorong, kue balok, dan pasung.
-
#Pemberdayaan
Melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat
yang tinggal di wilayah sekitar lokasi wisata. Pemerintah Daerah memberikan
pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan mutu dan nilai
jual produk / jasa. Kunjungan para wisatawan dapat menggerakan perekonomian
masyarakat melalui berbagai aktifitas jual beli dan penyediaan jasa.
-
#Wisata
Berwisata menjadi hobi sekaligus aktivitas
yang menyenangkan bagi banyak kalangan untuk sejenak melepas penat setelah menghabiskan
waktu untuk bekerja. Pandeglang sebagai daerah yang masih alami dapat dijadikan
rekomandasi lokasi menarik bagi para wisatawan dari berbagai wilayah.
5.
Program aksi ‘soft power’ atau kegiatan
dialogis-nya? (pelaksanaan ‘advokasi’)
-
Bertemu dengan masyarakat sekitar lokasi wisata
-
Pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM
-
Menyelenggarakan event dengan melibatkan
masyarakat sebagai pelaku ekonomi kreatif
-
Melibatkan influencer untuk kegiatan promosi
parisiwata
-
Promosi pariwisata melalui media sosial
-
Mengajak perusahaan untuk berkolaborasi pada
kegiatan community empowerment bagi masyarakat.
-
Membuat kegiatan ‘ngopi bareng investor’
6.
Pelaku Diplomasi
-
Tokoh masyarakat / seniman setempat
-
Bupati Kabupaten Pandeglang
-
Influencer
-
Tokoh agama
No comments:
Post a Comment