Komunikasi
merupakan proses pertukaran makna dari pesan yang disampaikan. Ketika pesan
yang disampaikan oleh seseorang manpu diterima maknanya dengan benar oleh orang
lain, maka komunikasi telah berlangsung secara efektif. Menurut Stewart L.
Tubbs dan Sylvia Moss, komunikasi adalah proses pembentukan maksa diantara dua
orang atau lebih. Pembentukan makna ini dapat dikatakan efektif apabila sesuai
dengan yang disampaikan oleh komunikator.
Komunikasi
bukan hanya menyampaikan pesan melalui lisan, namun juga tulisan. Pesan dapat
disampaikan melalui media seperti surat. Namun, perkembangan zaman kini semakin
canggih. Berkomunikasi tidak lagi dilakukan dengan cara konvensional, media
teknologi informasi seperti radio, televisi, internet, dan telepon selular (ponsel)
menjadi media yang cepat, efisien,
efektif, dan canggih dalam menyampaikan pesan kepada khalayak.
Ponsel
merupakan alat komunikasi jarak jauh yang dapat digunakan sebagai alat yang
efektif untuk menyampaikan pesan dan informasi secara cepat tanpa mengenal
batas waktu. Melalui ponsel, komunikasi jarak jauh bukan menjadi masalah. Hanya
dibutuhkan biaya yang tidak besar agar komunikasi dapat berjalan.
Ponsel
memegang peranan yang sangat penting di era yang serba cepat seperti saat ini.
Ponsel menjadi kebutuhan utama dalam kegiatan sehari-sehari. Untuk dapat
berkomunikasi secara jernih melalui media ini, dibutuhkan provider yang dapat
menunjang intensitas komunikasi. Banyak perusahaan yang memanfaatkan kesempatan
era ponsel denagan menjadi perusahaan telekomunikasi untuk menciptakan
kejernihan-kajernihan saluran melalui sinyal-sinyal yang disediakan.
Untuk
dapat berkomunikasi melalui ponsel secara efektif melalui ponsel, dibutuhkan
sinyal yang baik sehingga tidak ada gangguan seperti suara yang terputus-putus
apalagi sambungan yang tiba-tiba terputus saat melakukan komunikasi via
telepon. Begitu pula saat melakukan sms, dibutuhkan sinyal yang baik agar pesan
dapat sampai tanpa pending. Untuk
itu, dibutuhkan suatu provider sebagai kartu yang digunakan ponsel dalam
memberikan sinyal.
Telekomunikasi
Selular (Telkomsel) merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan provider
yang ada di Indonesia. Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi pertama
dalam memberikan pelayanan di bidang telekomunikasi pertama di Indonesia. Jika
dibandingkan dengan provider lain, te lkomsel berada cukup jauh di atas dalam
hal pelayanan dan kualitas. Jadi jangan heran jika sebagian besar penduduk
Indonesia mempercayakan telkomsel sebagi provider ponselnya.
Perkembangan
teknologi semakin maju. Teknologi internet kini menjadi hal yang mulai menjadi
kebutuhan bagi sebagian orang. Internet mempermudah dalam hal pencarian,
penyimpanan, dan penyebaran informasi. Tidak dapat dipungkiri lambat-laun
internet akan menjadi kebutuhan pokok yang akan dicari semua orang. Belum lagi
muncul berbagai situs jejaring sosial dan games. Itu semua menjadikan internet
semakin dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan
dalam hal sosialisasi dan hiburan. Banyak hal yang dapat dikerjakan
dengan internet. Contoh yang lain adalah berdagang. Banyak bisnis yang dimulai
dari situs dunia maya ini. Banyaknya pengguna dunia maya sampai-sampai kini
dijuluki sebagai Desa Global. Desa Global akan semakin banyak penghuninya
ketika setiap orang mampu mendapatkan manfaat dari internet. Dibutuuhkan suatu
media untuk dapat mengakses kedalam Desa Global ini.
Menggunakan
dunia maya sebagai sarana memepercepat arus informasi sangatlah efektif.
Bayangkan saja, tidak perlu banyak waktu untuk menunggu hasil unggah informasi
yang dilakukan pada situs jejaring sosial. Misalnya terjadi kecelakan di ruas
tol Cipularag, bisa saja seseorang yang sedang melintas men-share informasi lewat situs jejaring
mereka. Hanya menunggu beberapa menit atau bahkan hitungan detik saja,
informasi akan segera tersebar. Semudah itu kini teknologi yang ada.
Penggunaan
situs jejaring sosial kini digunakan pula oleh sebagian besar media
konvensional seperti koran. Koran kini memiliki akun twitter sebagai media
menyebarkan informasi yang cepat dan mudah untuk diakses oleh khalayak sehingga
mampu dijangkau oleh seluruh khalayak di berbagai daerah tanpa mengenal batas
wilayah. Dengan teknologi, arus informasi akan semakin cepat dan banyak.
Misalnya kompas.com menggunakan media twitter untuk men-share informasi dengan men-tweet
judul headline dan mencantumkan link berita
lengkp sesudahnya. Sangat terasa kompas.com terbantu dengan adanya twitter
dalam menarik khalayak untuk membaca beritanya.
Pemanfaatan
teknologi dalam bidang telekomunikasi dan internet menjadi bisnis tersendiri
bagi agen-agen sinyal yang menyambungkan hingga terjadinya proses interaksi
melalui media tersebut. Telkomsel kini tidak hanya menawarkan sinyal pada
ponsel yang dapat digunakan untuk menelepon atau sms, namun juga dalam
mengakses internet. Kecanggihan ponsel kini dapat dimanfaatkan untuk mengakses
hingga ke desa global, dan arus informasi menjadi sangat cepat dan mudah. Telkomsel
juga berinovasi dan memanfaatkan peluang yang ada. Perusahaan telekomunikasi
ini menciptakan suatu kartu yang khusus digunakan untuk modem internet. Dengan image bahwa sinyal telkomsel terkenal
baik, khalayak juga percaya sinyal yang digunakan pada modem internet akan
baik. Semakin mengikuti perkembanagan yang ada dan pintar memanfaatkan peluang,
semakin terbuka pula jalan untu mengibarkan bendera perusahaan.
Perkembangan
arus teknologi dan informasi yang semakin cepat merupakan peluang bagi para
praktisi PR dalam menjalankan fungsinya. Dengan internet, PR dapat bekerja
lebih giat untuk berlomba dalam menciptakan citra baik di mata khalayak desa
global yang tidak pernah tidur ini. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan oleh
raktisi PR. Salah satu contohnya adalah ketika suatu perusahaan mengadakan event,
praktisi PR dapat menyebarkan informasi mengenai event tersebut. Informasi
dapat diaktifkan sebelum event berlangsung untuk menarik massa untuk menghadiri
event, pada saat event berlangsung untuk memberitahukan kegiatan yang sesdang
berlangsung dengan meriah dalam memenuhi kebutuhan khalayak yang tidak dapat
hadir atau hal lain, atau sesudah kegiatan untuk memberitahukan kesuksesan
acara.
Banyak
hal yang dapat dilakukan PR. Kini bukan lagi masanya iklan. Reputasi dibentuk
oleh PR dengan cara yang tidak dilebih-lebihkan selayaknya iklan. Praktisi PR
menciptakan informasi perusahaannya dengan menciptakan informasi yang seolah-oleh
natural dan tidak dibuat-buat. Memberikan kesan baik di mata khalayak dengan
menggunakan memanfaatkan kemudahan teknologi merupakan nilai plus bagi praktisi
PR untuk dapat memaksimalkan kinerjanya. Namun jangan sampai kemudahan
informasi ini menjadi senjata dan malah menjatuhkan reputasi perusahaan karena
bablas dan biasnya antara pencitraan kesan baik dengan kenyataan dan opini-opini
yang berkembang diluar.
Kembali
ke telkomsel, pasti sebagian besar pelanggan telkomsel mengetahui informasi
tentang perusahaan ini yang sempat dinyatakan pailit oleh Pengadilan negeri Niaga
Jakarta Pusat 14 September lalu. Apa yang sebenarnya terjadi? Masalah
sebenarnya adalah pihak telkomsel yang tidak mengirimkan pemesanan PT. Prima
Jaya Informatika (PJI) atas produk voucer. PT. Telkomsel akan memberikan produk
pesanan untuk stok PT. PJI tahun 2012 bila PT. PJI melunasi tagihan atas kartu
perdana dan voucer periode 2011 yang dipesan tahun lalu. Namun isu yang
berkembang di masyarakat adalah, pihak telkomsel memutuskan kontrak kerja sama
secara sepihak kepada PT. PJI melalaui
email. Dapat dibayangkan reaksi khalayak ketika mengetahui informasi yang
berkembang itu. Telkomsel, perusahaan
besar dan telah memiliki ruang di hati khalayaknya memutuskan kontrak kerja
sama yang sudah terjalin hanya menggunakan email secara mendadak. Apakah begitu
kejadian sesungguhnya? Tidak begitu, bukan? Namun opini yang berkembang ini
perlu secepatnya diluruskan. Inilah saatnya peran PR untuk menciptakan kesan
baik perusaan di mata khalayak. Misalnya, Praktisi PR dapat menyelenggarakan
konferensi pers dalam menjelaskan duduk permasalahan yang sebenarnya seperti
yang telah dilakukan oleh pihak Telkomsel. Dengan mengundang banyak rekan pers
yang akan memberitakan perusahaan, PR akan sangat terbantu dalam pemulihan nama
baik perusahaan dengan cepat. Melalui dunia maya, informasi yang dibuat rekan
pers semakin cepat diterima oleh khalayak. Sungguh kemudahan teknologi memiliki
peranan yang besar dalam bidang komunikasi.
Pemanfaatan
teknologi komunikasi menjadi sejarah baru dalam perkembangan dunia komunikasi
saat ini. Berbagai hal dapat dilakukan dengan teknologi komunikasi sehingga
komunikasi menjadi cepat diterima oleh khalayak. Tentunya terdapat beberapa
ancaman apabila informasi yang disajikan kurang memenuhi kebutuhan khalayak.
Diperlukan suatu analisis yang baik mengenai apa yang dibutuhkan dan apa yang
tidak dibutuhkan oleh khalayak dalam mengakses informasi. Praktisi PR yang
mempu bersaing dengan perrkembangan teknologi tentunya dapat memanfaatkan
teknologi dengan sebaik-baiknya secara efektif adan efisien untuk menciptkan kesan
baik di mata khalayak. Peran praktisi PR semakin dibutuhkan dalam menunjang
perkembangan teknologi agar perusahaan dapat memaksimalkan informasi yang ingin
diketahui khalayak. Kini saatnya PR memegang peranan penting dalam pemanfaatan
teknologi komunikasi untuk menyebarkan informasi sebagai bentuk kinerja aktif
PR dalam kemajuan perkembangan teknologi informasi.
kita juga punya nih artikel mengenai 'Intensitas Komunikasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
ReplyDeletehttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1839/1/Artikel_10502105.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat