Tuesday 16 July 2013

Mengintip Dapur Yahoo! Indonesia

Dunia maya kini telah berkembang secara pesat. Perkembangan ini menjadi ladang bisnis bagi banyak pihak, termasuk Yahoo!. Yahoo! memiliki kantor di beberapa negara, termasuk Indonesia. Meskipun dikatakan sebagai media IT, kantor di Indonesia tidak berbasis IT yang mungkin terbayang dalam benak. Berikut kegiatan yang dilakukan oleh Yahoo! Indonesia:
·         Mengadakan kontrak kerja sama dengan media berita online lain, sehingga tidak perlu mencari berita sendiri melainkan hanya menerima berita.
·         Pembuatan Editorial pada halaman muka Yahoo!mail sehingga khalayak tertarik untuk membuka dan membaca berita.
·         Mengadakan rapat berkala (telekonferens) dengan Yahoo!pusat.
·         Membuat berita yang sangat eksklusif.
·         Mengadakan event untuk mem-branding nama Yahoo! Indonesia
·         Melakukan pemasaran ruang bagi pemasang iklan

A.    Bidang Profesional
Jika background jurnalistik bekerja pada editorial, reporting, dan kegiatan jurnlalistik lainnya, lantas apa yang dikerjakan oleh lulusan public relations?
Pada dasarnya Yahoo! Tidak membedakan pekerjaan berdasarkan latar belakang jurusannya. Jika seseorang memiliki keahlian dalam bidang penulisan, multimedia, pembuatan dan pengeditan foto dan video, besar kemungkinan Kita akan diterima bekerja di Yahoo! Indonesia. Namun memang ada konsentrasi bagi para pofesional, misalnya jurnalis bekerja sebagai editor editorial yang dibuat, PR membuat rencana komunikasi Yahoo! seperti event.
PR berbeda dengan bagian marketing. Marketing bekerja dalam pemasaran ruang bagi pemasang iklan, sedangkan PR memasarkan brand Yahoo! kepada khalayak.
B.     Jumlah Karyawan
Tidak seperti perusahaan besar pada umumnya, Yahoo!Indonesia yang sudah memilik nama besar ini hanya memiliki 30 karyawan. Hampir semua karyawan yang bekerja adalah para dewasa muda yang masih sangat produktif dalam memberikan inovasi bagi pekerjaannya. Tidak banyak yang tahu kalau Yahoo!Indonesia membuka kesempatan bagi para mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk bekerja di sana.
C.     Tekanan dan Deadline
Siapa bilang bekerja di Yahoo! berpenghasilan tinggi dengan pekerjaan yang ringan? Siapa pula yang membayangkan bekerja di Yahoo! penuh tekanan? Para karyawan bekerja dengan baik dan professional saat bekerja, dan menyisipkan waktu untuk bermain sebagai pelepas penat. Main-main dan merasa nyaman di kantor, memang sudah dirancang agar karyawan betah berlama-lama di kantor. Dalam suasana yang santai, karyawan juga tetap mengontrol hasil kerjanya. Misalnya, penulis mendapat target untuk dibaca oleh 7000 orang sehari, jika sudah memenuhi target atau yakin akan memenuhi target, karyawan bisa santai-santai. Namun jika belum, karyawan harus terus bekerja mencari cara agar banyak pengunjung yang membaca tulisannya.
D.    Perbedaan Yahoo! dengan Google
Setiap perusahaan pasti memiliki satu keunggulan produk yang dapat menjadi ciri khas pembeda dengan perusahaan lain. Begitu pula dengan Yahoo!. Yahoo! sempat bergabung dengan Google beberapa tahun lalu. Namun kini Yahoo! berpisah untuk memfokuskan pada email dan informasi, sedangkan Google menomorsatukan search engine. Yahoo! dan Google sama-sama memiliki produk layanan email, search engine, informasi, jejaring sosial, dan sejenisnya, namun satu produk yang menjadi unggulan bagi kedua perusahaan ini berbeda, Yahoo! lebih mengandalkan email dan informasi atau kabar.
E.     Kemampuan Para Karyawan
·         Memiliki kemampuan menulis yang baik
·         Bahasa Indonesia yang baik dan benar
·         Menguasai Teknologi
·         Terbiasa dengan blogging
·         Menguasai fotografi dan foto editing
·         Dapat menggunakan video making dan video editing

F.      Kesempatan Kerja

Bagi fresh graduate seperti Saya, perlu memiliki beberapa pengalaman sebelum dapat bekerja di Yahoo!Indonesia. Yahoo!Indonesia biasanya merekrut SDM yang sudah memiliki skill dan pengalaman. Namun tidak perlu khawatir, dengan magang di perusahaan ini, dapat menjadi pengalaman bagi peserta magang, dan besar kemungkinan diterima untuk benar-benar bergabung menjadi karyawan Yahoo!Indonesia.

No comments:

Post a Comment