Dunia
maya kini telah berkembang secara pesat. Perkembangan ini menjadi ladang bisnis
bagi banyak pihak, termasuk Yahoo!. Yahoo! memiliki kantor di beberapa negara,
termasuk Indonesia. Meskipun dikatakan sebagai media IT, kantor di Indonesia
tidak berbasis IT yang mungkin terbayang dalam benak. Berikut kegiatan yang
dilakukan oleh Yahoo! Indonesia:
·
Mengadakan kontrak kerja sama dengan
media berita online lain, sehingga tidak perlu mencari berita sendiri melainkan
hanya menerima berita.
·
Pembuatan Editorial pada halaman muka
Yahoo!mail sehingga khalayak tertarik untuk membuka dan membaca berita.
·
Mengadakan rapat berkala (telekonferens)
dengan Yahoo!pusat.
·
Membuat berita yang sangat eksklusif.
·
Mengadakan event untuk mem-branding nama Yahoo! Indonesia
·
Melakukan pemasaran ruang bagi pemasang
iklan
A. Bidang
Profesional
Jika
background jurnalistik bekerja pada editorial, reporting, dan kegiatan
jurnlalistik lainnya, lantas apa yang dikerjakan oleh lulusan public relations?
Pada
dasarnya Yahoo! Tidak membedakan pekerjaan berdasarkan latar belakang jurusannya.
Jika seseorang memiliki keahlian dalam bidang penulisan, multimedia, pembuatan
dan pengeditan foto dan video, besar kemungkinan Kita akan diterima bekerja di
Yahoo! Indonesia. Namun memang ada konsentrasi bagi para pofesional, misalnya
jurnalis bekerja sebagai editor editorial yang dibuat, PR membuat rencana
komunikasi Yahoo! seperti event.
PR
berbeda dengan bagian marketing. Marketing bekerja dalam pemasaran ruang bagi
pemasang iklan, sedangkan PR memasarkan brand Yahoo! kepada khalayak.
B. Jumlah
Karyawan
Tidak
seperti perusahaan besar pada umumnya, Yahoo!Indonesia yang sudah memilik nama
besar ini hanya memiliki 30 karyawan. Hampir semua karyawan yang bekerja adalah
para dewasa muda yang masih sangat produktif dalam memberikan inovasi bagi
pekerjaannya. Tidak banyak yang tahu kalau Yahoo!Indonesia membuka kesempatan
bagi para mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk bekerja di sana.
C. Tekanan
dan Deadline
Siapa
bilang bekerja di Yahoo! berpenghasilan tinggi dengan pekerjaan yang ringan?
Siapa pula yang membayangkan bekerja di Yahoo! penuh tekanan? Para karyawan
bekerja dengan baik dan professional saat bekerja, dan menyisipkan waktu untuk
bermain sebagai pelepas penat. Main-main dan merasa nyaman di kantor, memang
sudah dirancang agar karyawan betah berlama-lama di kantor. Dalam suasana yang
santai, karyawan juga tetap mengontrol hasil kerjanya. Misalnya, penulis
mendapat target untuk dibaca oleh 7000 orang sehari, jika sudah memenuhi target
atau yakin akan memenuhi target, karyawan bisa santai-santai. Namun jika belum,
karyawan harus terus bekerja mencari cara agar banyak pengunjung yang membaca
tulisannya.
D. Perbedaan
Yahoo! dengan Google
Setiap
perusahaan pasti memiliki satu keunggulan produk yang dapat menjadi ciri khas
pembeda dengan perusahaan lain. Begitu pula dengan Yahoo!. Yahoo! sempat
bergabung dengan Google beberapa tahun lalu. Namun kini Yahoo! berpisah untuk
memfokuskan pada email dan informasi, sedangkan Google menomorsatukan search
engine. Yahoo! dan Google sama-sama memiliki produk layanan email, search
engine, informasi, jejaring sosial, dan sejenisnya, namun satu produk yang
menjadi unggulan bagi kedua perusahaan ini berbeda, Yahoo! lebih mengandalkan
email dan informasi atau kabar.
E. Kemampuan
Para Karyawan
·
Memiliki kemampuan menulis yang baik
·
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
·
Menguasai Teknologi
·
Terbiasa dengan blogging
·
Menguasai fotografi dan foto editing
·
Dapat menggunakan video making dan video
editing
F. Kesempatan
Kerja
Bagi
fresh graduate seperti Saya, perlu
memiliki beberapa pengalaman sebelum dapat bekerja di Yahoo!Indonesia.
Yahoo!Indonesia biasanya merekrut SDM yang sudah memiliki skill dan pengalaman. Namun tidak perlu khawatir, dengan magang di
perusahaan ini, dapat menjadi pengalaman bagi peserta magang, dan besar
kemungkinan diterima untuk benar-benar bergabung menjadi karyawan
Yahoo!Indonesia.
No comments:
Post a Comment