Tuesday 16 July 2013

Bekerja sama dalam Tim

Satu semester ini akan segera diakhiri. Membuat peroposal pengajuan pembuatan department profile dan bentuk produk jadi PR department profile menjadi tugas akhir yang diberikan untuk menutup mata kulaih PR writing. Ada saja cerita dibalik pembuatan tugas. Termasuk pembuatan tugas ini, yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari Saya, Wulan, Cindy, Jessica, dan Intan.
Saya selalu senang bekerja dalam tim. Kerjasama, konsistensi, dan tanggung jawab setiap anggota tim dibiutuhkan untuk mendapat suatu produk yang baik nantinya. Saya selalu senang bekerja dalam tim karena bisa membagi tugas, dan hal yang paling Saya suka adalah melihat setiap anggta tim bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Saya selalu bersyukur karena Saya selal tergabung dalam tim yang memiliki etos kerja tinggi. Bukan semata-mate beruntung, namun Saya yakin mahasiswa Fikom selalau mampu diandalkan dalam kelompok. Setiap anggota kelompok memiliki kemampuan yang baik
Pada dasarnya setiap individu bertanggung jawab pada jobdesknya. Sebelum pembagian tugas, setiap individu berinisiatif untuk mengajukan diri mengambil jobdesknya. Bukan yang termudah, melainkan berdasarkan ketertarikan masing-masing. Pembagian tugas dilakukan dengan baik. Pertama kali Kami kerja kelompok yaitu di ruang perpustakaan Fikom. Ruangan yang cukup nyaman dan kondusif untuk mengerjakan tugas. Kami pun mengerjakan tugas Kami. Mencari, mengumpulkan, dan mengolah tugas untuk disatukan. Saat itu, Wulan memutuskan untuk membuat proposal pengajuan, sedangakan yang lain mengumpulkan data untuk Saya satukan.
Setiap akhir semester, Kami selalu disibukan dengan banyaknya tugas akhir mata kuliah. Bukan perkara sulit atau tidak, namun butuh waktu khusus dalam pengerjaannya, karena dapat dikatakan tidak tidak selesai dalam semalam. Permasalahan mulai muncul saat konsentrasi seluruh anggota tim terbagi pada tugas-tugas yang lain. Kami harus menunda waktu penyelesaian tugas ini untuk tugas lain yang sudah dekat tenggat waktu pengumpulannya. Ada yang kerja kelompok, ada yang mengerjakan tugas individu, ada yang mengerjakan di rumah, sibuk organisasi, dan sebagainya. Dengan meluangkan waktu dan mengurangi waktu tidur, akhirnya tugas ini dapat di desain dengan bagus oleh Wulan. “Ga susah sih Nid tapi pegel juga kalau Gue layout semua”, tutur Wulan dalam sms yang Saya terima. Akhirnya Saya lanjutkan layout yang sudah hampir selesai itu. Dengan dibantu oleh Jessica dan Cindy, akhirnya selesailah Department Profile ini dikosan Saya. Saat itu Intan masih sibuk dengan tuga kelompoknya. Bukan berarti intan tidak berkontribusi, Ia tetap menjalin komunikasi dengan Kami. Dia juga yang berinisiatif menawarkan diri untuk mencetak tugas.
Pembagian diawal sebenarnya sudah baik, Jessica menyampaikan saran Dosen yang ia terima dan memberi masukan. Jessica, Intan, dan Cindy mengumpulkan cukup banyak konten yang baik, sehingga Saya sangat terbantu dalam meyatukan hasil kerja mereka. Mungkin ada saja orang yang tidak bertangung jawab dengan memberikan hasil kerja yang terkesan asal-asalan karena berpikir akan disunting lagi oleh editor. Untunglah mereka bertiga sangat bertanggung jawab dan sangat mampu diandalkan. Sementara Saya menyatukan dan merapikan kerjaan mereka, menambah data yang kurang lengkap, dan meminta data yang perlu ditambah, Wulan mengerjaka proposal pengajuan hingga selesai dan me-layout proposal yang Saya satukan.
Malam-malam sekali Saya mendapat sms dari Intan, kebetulan tugas ini belum Kami cetak. Intan datang ke kosan Saya pukul 9 pagi. Dengan semangat, Ia mengambil tugas ini untuk segera di cetak. Rupanya, Intan menunggu Jessica pulang dari gereja sore hari untuk menemaninya mencetak tugas. Dicetaklah tugas ini, dan baru selesai sekitar pukul 10 malam. Sebenarnya bukan pukul 10, tapi saat itu hujan deras. “Coba dicetak tadi pagi, pasti ga kejebak ujan”, dalam pikiran Saya saat mendengar hujan yang cukup besar. Setelah hujan reda sekitar pukul 10 malam, Jessica dan pacarnya datang ke kosan untuk mengembalikan flask disk. Selesailah tugas pembuatan proposal pengajuan pembuatan department profile dan PR department profile sebagai tuga akhir mata kuliah PR Writing. Semoga Kami mendapat nilai yang baik. Senang dapat bekerja sama dengan tim yang memiliki kemampuan dan kemauan tinggi seperti Kalian Wulan, Jessica, Intan, dan Cindy. Etos kerja Kalian menjadi pelajaran bagi Saya untuk menjadi seseorang yang dapat diandalkan orang lain. Sampai jumpa di semester depan.

No comments:

Post a Comment