1. Myron
Emmanuel (1985) dalam ‘Inside Organizational Communication’ 2nd
Edition :
Pada
dasarnya, audit komunikasi merupakan kajian menyeluruh dan seksama tentang
filsafat komunikasi beserta konsep-konsep, struktur, arus dan praktek
komunikasi dalam suatu organisasi, baik itu organisasi kecil atau besar,
organisasi usaha atau nirlaba, dan swasta antar publik. Suatu audit komunikasi
diharapkan dapat menyingkap kemacetan-kemacetan komunikasi yang efektif, dan
peluang-peluang yang telah disia-siakan.
2. Booth
: Proses pembuatan analisis antar komunikasi didalam organisasi oleh kerjasama
internal atau eksternal dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi organisasi.
3. Jane
Gibson & Richard Hodgetts:
Suatu
analisis yang lengkap atas sistem-sistem komunikasi internal dan eksternal dari
suatu organisasi. Ruang lingkup audit komunikasi meliputi tantangan dari
sekadar pertimbangan atas salah satu divisi sampai ke iklim organisasi secara
keseluruhan ruang lingkup tersebut bergantung pada mandate dan kepentingan
pimpinan puncak organisasinya.
4. Gerald
Goldhaber:
Pemeriksaan
diagnosis yang dapat memberikan informasi dini untuk mencegah kehancuran
kesehatan organisasi yang lebih besar.
5. Howard:
Sebuah
struktur konseptual dan metologis … (yang digunakan untuk pemeriksaan
proses-proses komunikasi didalam organisasi).
Sumber
: Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi Teori dan praktek. Jakarta: Grasindo
Audit Humas
1. Menurut
Moore (1989), audit humas adalah suatu studi yang tersusun secara longgar,
berskala luas, yang menyelidiki hubungan masyarakat perusahaan, baik secara
internal maupun eksternal.
2. Carl
Byoir dan Rekan, salah satu pelopor auditing public
relations, menjelaskan, “Audit public relations, seperti terimplikasi dari
namanya, melibatkan sebuah studi mendalam, tentang posisi public relations dari
sebuah organisasi: bagaimana public relations berdiri pada opini dari
publik beragam.” http://komunikasi-indonesia.org/2010/12/audit-public-relations/
3. A
public relations audit is an internal process whereby company leaders, often in
collaboration with a PR firm, review opportunities to communicate and potential
threats to the organization's reputation. In performing a PR audit, the business
must consider both internal factors and possible circumstances outside the
company's control
No comments:
Post a Comment