Friday 7 October 2011

Resume buku “Retorika Modern” karya Jalaluddin Rakhmat


BAB 1
Sejarah Perkembangan Retorika
Dalam perkembangan peradaban pidato melingkupi bidang yang lebih luas. “Sejarah manusia terutama sekali adalah catatan peristiwa penting yang dramatis, yang seringkali disebabkan oleh pidato-pidato besar. Sejak Yunani dan Roma sampai zaman kita sekarang, kepandaian pidato dan kenegarawanan  selalu berkaitan. Banyak jago pedang juga terkenal dengan kefasihan bicaranya yang menawan”.
Uraian sistematis retorika pertama diletakkan oleh orang Syracuse, sebuah koloni  Yunani yang diperintah para tiran di Pulau Sicilia. Para tiran senang menggusur tanah rakyat. Para rakyat harus berjuang untuk mendapatkan haknya. Namun sayang rakyat tidak pandai berbicara sehingga tidak dapat meyakinkan mahkamah.
Untuk membantu orang memenangkan haknya di pengadilan, Corax menulis makalah retorika, yang diberi nama Techne Logon (seni kata-kata). Makalahnya itu berbicara tentang “teknik kemungkinan ”. Corax juga meletakkan dasar-dasar organisasi pesan. Ia membagi pidato pada lima bagian: pembukaan, uraian, argument, penjelasan tambahan, dan kesimpulan.
Di Agrigentum, Pulau Sicilia, hidup Empedocles (490-430 SM), filosofhe , mistikus, politisi,dan sekaligus orator. Sebagai filosof, ia pernah berguru kepada Pythagorasdan menulis The Nature of Things. Sebagai orator, menurut Aristoteles, “ penduduk Aia mengajarkan prinsip-prinsip retorika, yang kelak dijual Gorgias kepada Athena”.
            Gorgian mendirikan sekolah retorika di Athena. Ia menekankan dimensi bahasa yang puitis dan teknik bicara impromtu.
            Protagoras menyebut kelompoknya sophistai, “guru kebijaksanaan”. Mereka mengajarkan teknik-teknik memanipulasi emosi dan menggunakan prasangka untuk menyntuh hati pendengar.
            Demosthenes mengembangkan gaya bicara yang tidak berbunga-bunga, tetapi jelas dank eras. Ia menggabungkan narasi dan argumentasi. Ia juga amat memperhatikan cara penyampaian (delivery). Demosthenes sempat menyerang Aeschines dalam pidatonya yang terkenal Perihal Mahkota.
            Aristoteles menulis tiga jilid buku yang berjudul De Arte Rhetorica. Dari Aristoteles dan ahli retorika klasik, kita memperoleh lima tahap penyusunan pidato : terkenal sebagai Lima Hukum Retorika (The Five Canons of Rhetoric). Yaitu invention (penemuan), disposition(penyusunan), elocution(gaya), memoria(memori), dan pronuntiatio (penyampaian).

Retorika Zaman Romawi
            Kekaisaran Romawi bukan saja subur dengan sekolah-sekolah retorika; tetapi juga kaya dengan orator-orator ulung: Antonius, Crassus, Rufus, Hortensius. Kemampuan Hortensius disempurnakan oleh Cicero. Ia percaya bahwa efek pidato akan baik, bila yang berpidato adalah orang baik juga. The good man speaks well.

Retorika Abad Pertengahan.
Ada dua cara untuk memperoleh kemenangan politik : talk it out (membicarakan sampai tuntas) dan shoot it out (menembak sampai habis). Abad pertengahan sering disebut abad kegelapan, retorika tersingkir ke belakang panggung. Umat Kristen waktu itu melarang mempelajari retorika yang dirumuskan oleh orang-orang Yunani dan Romawi, para penyembah berhala.
             Satu abad kemudian, di Timur muncul peradaban baru. Seorang Nabi penyampai firman Tuhan. Balaghah(kumpulan khotbah-khotbah) menjadi disiplin ilmu yang menduduki status yang mulia dalam peradaban Islam. Kaum Muslim menggunakan balaghah sebagai pengganti retorika.

Retorika Modern.
            Pertemuan orang Eropa dengan Islam dalam Perang Salib menimbulkan Renaissance. Renaissance mengantarkan kita kepada retorika modern. Roger Bacon, pembangun jembatan yang menghubungkan renaissance dengan retorika modern. Ia memperkenalkan metode eksperimental dan pengetahuan tentang proses psikologis dalam studi retorika.
            Aliran pertama retorika dalam masa modern menekankan pada proses psikologis, yaitu aliran epistemologis yang membahas teori pengetahuan. Aliran retorika modern kedua dikenal sebagai gerakan belles lettres yang sangat mengutamakan keindahan bahasa, dan terkadang mengabaikan segi informatifnya. Aliran pertama dan kedua terutama memusatkan perhatian pada persiapan pidato. Aliran ketiga disebut gerakan elokusionis, yang menekankan pada teknik penyampaian pidato.
            Pada abad kedua puluh, retorika mengambil manfaat dari perkembangan ilmu pengetahuan modern. Istilah retorika pun mulai digeser oleh speech/speech communication/oral communication/public speaking.
Berikut ini beberapa tokoh retorika modern :
1.      James A Winans
Ia adalah perintis penggunaan psikologi modern dalam pidatonya.
Judul bukunya : Public Speaking.
Ia adalah pendiri Speech Communication Association of America (1950).
2.      Charles Henry Woolbert
Menurutnya, dalam penyusunan persiapan pidato harus diperhatikan al-hal berikut : (1) teliti tujuannya, (2) ketahui khalayak dan situasinya, (3) tentukan proposisi yang cocok dengan khalayak dan situasi tersebut, (4) pilih kalimat-kalimat yang dipertalikan secara logis. Bukunya yang terkenal adalah The Fundamental of Speech.
3.      William Noorwood Brigance
Brigance menekankan factor keinginan (desire) sebagai dasar persuasi. Persuasi meliputi empat unsure : (1) rebut perhatian pendengar, (2) usahakan pendengar mempercayai kemampuan dan karakter Anda, (3) dasarkan pemikiran pada keinginan, dan (4) kembangkan setiap gagasan sesuai dengan sikap pendengar.
4.      Alan H.Manroe
Menurutnya, pesan harus disusun berdasarkan proses berpikir manusia yang disebut motivated sequence.

No comments:

Post a Comment