Wednesday 21 December 2011

MEDIA ONLINE MENJADI SARANA INFORMASI PALING EFISIEN


          Saat ini, informasi menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang mencari atau mendapatkan informasi setiap harinya, baik secar langsung maupun melalui media seperti televisi, Koran, tabloid, atau majalah. Tapi, bagaimana jika kita menginginkan informasi yang cepat, murah, dan ramah lingkungan? Media online dapat menjadi solusi tepat dan efisien bagi setiap orang.
Media online menawarkan beragam berita dalam satu waktu yang sama. Beragam berita memang bukan hanya dapat dilihat lewat media online, namun juga  dapat dilihat melalui televisi. Namun media online memiliki keunggulan yang sampai saat ini belum dimiki televisi. Contohnya, jika kita ingin mengetahui informasi mengenai kabar para artis dan berita kriminal, dengan televisi kita harus menunggu jadwal program kabar artis dan berita kriminal yang tentu saja berbeda waktu. Berbeda dengan media online, kita cukup memilih topik informasi apa yang kita butuhkan dalam situs tersebut. Kita dapat membuka informasi mengenai kabar artis dan kriminal sekaligus.
                Memanfaatkan media online sebagai alternatif pengganti koran dapat mengurangi pengeluaran. Jika kita ingin mengetahui informasi terkini mengenai Kota Bandung, hal yang mungkin anda cari untuk pertama kali adalah koran. Untuk membeli Koran, dibutuhkan biaya sekitar seribu hingga lima ribu rupiah. Dengan memanfaatkan media online, kita dapat memanfaatkan situs resmi koran yang kita inginkan, dan membaca e-paper  tanpa harus  mengeluarkan uang. 
                Mengakses informasi melalu media online, sedikit banyak turut berpartisipasi dalam pengurangan penggunaan kertas. Majalah atau tabloid yang menggunakan kertas putih mengurangi jumlah pohon setiap harinya di Indonesia. Walaupun kertas merupakan bahan organik, penggunaan kertas mengurangi jumlah pohon di bumi. Tidak sedikit jumlah pohon yang ditebang setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan permintaan akan kertas. Jika semua orang tidak beralih pada media online, dapat dibayangkan apa yang terjadi pada generasi kita selanjutnya.

                Tekhnologi yang semakin maju menuntut manusia untuk tanggap dan terampil untuk memanfaatkannya. Kita juga dapat mengasah kemampuan dalam mencari informasi aktual di seluruh penjuru dunia. Informasi dapat diperoleh dengan berbagai media, termasuk media online. Dengan memanfaatkan media online, berbagai keuntungan dapat kita miliki, seperti menghemat waktu da.n pengeluaran, serta mengurangi jumlah permintaan akan pohon. Media online dapat menjadi solusi tepat dan efisien bagi setiap orang.


               

No comments:

Post a Comment