Sunday 3 December 2023

Contoh Diplomasi Publik

 

TUGAS DIPLOMASI PUBLIK 

1.       Masalah Komunikasi di Instansi Pemerintah Kabupaten Pandeglang

Persepsi masyarakat yang kurang percaya diri terhadap potensi wilayah yang dapat meningkatkan perekonomiannya.

2.       Tujuan Komunikasi Pranata Humas atas kasus diatas :

·       Agar tercipta pemahaman yang sama untuk mengembangkan potensi wisata sebagai penggerak perekonomian masyarakat.

·       Agar masyarakat mempunyai jiwa memiliki terhadap tempat wisata sehingga mau menjaga

·       Membangun hubungan yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat

·       Agar masyarakat luas mengetahui informasi mengenai potensi wilayah kabupaten

 

3.       Key Message

·       Membangun citra dengan berbagai pendekatan komunikasi untuk meningkat perekonomian masyarakat melalui sektor wisata, ekonomi kreatif, dan UMKM  di Pandeglang the Sunset of Java

 

4.       Keyword efektif :

-          #Sunset of Java

o   Pantai

§  Sebagai tagline pariwisata Kabupaten Pandeglang. Kab. Pandeglang yang terletak di ujung barat pulau  jawa, menjadi lokasi wisata terbaik untuk menikmati keindahan pantai sambil menikmati kuliner khas laut dan makanan tradisional.

o   Badak Bercula Satu

§  Pandeglang juga dikenal dengan badaknya, karena di kawasan ini terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang menjadi tempat perlindungan badak bercula satu yang merupakan satu dari lima spesies langka di dunia.

-          #UMKM

o   Badak Bercula Satu

Sovenir yang dibuat oleh para pelaku UMKM diantaranya miniature badak, plakat badak, batik badak, kotopong, lukisan badak, dan souvenir lainnya.

o   Makanan tradisional

Makanan tradional Pandeglang yang terkenal diantaranya yaitu otak-otak, durian, seafood, jojorong, kue balok, dan pasung.

-          #Pemberdayaan

Melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar lokasi wisata. Pemerintah Daerah memberikan pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan mutu dan nilai jual produk / jasa. Kunjungan para wisatawan dapat menggerakan perekonomian masyarakat melalui berbagai aktifitas jual beli dan penyediaan jasa.

-          #Wisata

Berwisata menjadi hobi sekaligus aktivitas yang menyenangkan bagi banyak kalangan untuk sejenak melepas penat setelah menghabiskan waktu untuk bekerja. Pandeglang sebagai daerah yang masih alami dapat dijadikan rekomandasi lokasi menarik bagi para wisatawan dari berbagai wilayah.

 

5.       Program aksi ‘soft power’ atau kegiatan dialogis-nya? (pelaksanaan ‘advokasi’)

-          Bertemu dengan masyarakat sekitar lokasi wisata

-          Pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM

-          Menyelenggarakan event dengan melibatkan masyarakat sebagai pelaku ekonomi kreatif

-          Melibatkan influencer untuk kegiatan promosi parisiwata

-          Promosi pariwisata melalui media sosial

-          Mengajak perusahaan untuk berkolaborasi pada kegiatan community empowerment bagi masyarakat.

-          Membuat kegiatan ‘ngopi bareng investor’

 

6.       Pelaku Diplomasi

-          Tokoh masyarakat / seniman setempat

-          Bupati Kabupaten Pandeglang

-          Influencer

-          Tokoh agama

No comments:

Post a Comment