No |
Uraian Tugas Pelayanan Publik |
TUGAS PELAYANAN PUBLIK YANG BUTUH PENINGKATAN |
UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK |
1 |
Melaksanakan
fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN)
dan hari jadi kabupaten; |
Tenaga
protokol hanya terdiri dari 1 orang Kasubag, 1 orang pelaksana CPNS, dan 6
orang Tenaga Kerja Sukarela (TKS). PHBN memerlukan banyak SDM sebagai panitia
teknis. TKS belum bisa dimintai komitmen stand-by pada jam kerja 8-5 (men) |
Membuat
komitmen kerja bagi protokol dan panitia teknis kegiatan Perlu
dipertimbangkan untuk membuat program kolaborasi dengan lintas kedinasan atau
lintas bagian |
Sumber
daya protokol yang Sebagian besar adalah tenaga kerja sukarela, perlu
mendapat tambahan penghasilan agar bersedia menjalankan tugas dan
tanggungjawab khusus saat PHBN (money) Pengalokasian
kebutuhan biaya yang harus substitusi akibat tidak adanya anggaran pada
kebutuhan dimaksud (money) Terbatasnya
anggaran di daerah, namun acara harus dikemas sangat baik (money) |
Pengajuan
Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) perlu dirinci dan diperhitungkan dengan
matang |
||
Metode
pengerjaan tugas yang belum terstruktur secara teknis (methode) |
Perlu
dibuat susunan panitia teknis kegiatan, dengan tugas dan tanggungjawab yang
harus diselesaikan Perlu
dibuatkan petunjuk teknis kegiatan. Laporan kegiatan bisa menjadi salah satu
referensi |
||
Tidak
ada laporan kegiatan yang bisa menjadi acuan kerja atau referensi. Padahal
akan banyak informasi yang bisa dijadikan referensi agar kegiatan dapat
terselenggara lebih baik setiap tahunnya (information & methode) |
Perlu
dibuat SOP untuk membuat laporan internal kegiatan, sebagai bahan evaluasi
dan reverensi kegiatan kedepan |
||
2 |
Mempersiapkan
penyelenggaraan penerimaan tamu-tamu Pemerintah Daerah, tamu-tamu Negara,
serta tamu-tamu perwakilan negara sahabat; |
Informasi
perihal tamu yang hadir, tujuan kunjungan, dan detail agenda kegiatan, tidak
terinfo kepada seluruh anggota protokol (information) Ada
saja protokol yang tidak mengetahui dengan jelas agenda kegiatan (men) |
Dapat
dibuat formulir matrix informasi, dan informasi disebarkan kepada tim
internal agar setiap protokol mengetahui detail kegiatan, apa yang harus
dilakukan, dan dapat mempersiapkan sesuatu yang dibutuhkan. |
|
|
Penerimaan
tamu daerah dengan tujuan spesifik dapat difasilitasi oleh dinas/OPD terkait.
Namun jika kunjungan bersifat umum, kebutuhan harus disediakan oleh sub
bagian protokol (money) |
Perlu
penggalian informasi lebih lanjut perihal tujuan kunjungan, agar kebutuhan
biaya dapat ditanggung oleh dinas terkait, atau berkolaborasi. |
Selamat datang di laman Nidachoir. Berbagi artikel berkaitan dengan komunikasi, kehumasan, dan keprotokolan. Semoga bermanfaat. bussiness contact: nidachoirunnufus@gmail.com
Monday, 6 September 2021
Contoh Analisis Kegiatan Pelayanan Publik - pada Subbagian Protokol
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment