Monday, 6 September 2021

Contoh Analisis Kegiatan Pelayanan Publik - pada Subbagian Protokol


No

Uraian Tugas Pelayanan Publik

TUGAS PELAYANAN PUBLIK YANG BUTUH PENINGKATAN

UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK

1

Melaksanakan fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) dan hari jadi kabupaten;

Tenaga protokol hanya terdiri dari 1 orang Kasubag, 1 orang pelaksana CPNS, dan 6 orang Tenaga Kerja Sukarela (TKS). PHBN memerlukan banyak SDM sebagai panitia teknis. TKS belum bisa dimintai komitmen stand-by pada jam kerja 8-5 (men)

Membuat komitmen kerja bagi protokol dan panitia teknis kegiatan

 

Perlu dipertimbangkan untuk membuat program kolaborasi dengan lintas kedinasan atau lintas bagian

Sumber daya protokol yang Sebagian besar adalah tenaga kerja sukarela, perlu mendapat tambahan penghasilan agar bersedia menjalankan tugas dan tanggungjawab khusus saat PHBN (money)

 

Pengalokasian kebutuhan biaya yang harus substitusi akibat tidak adanya anggaran pada kebutuhan dimaksud (money)

 

Terbatasnya anggaran di daerah, namun acara harus dikemas sangat baik (money)

Pengajuan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) perlu dirinci dan diperhitungkan dengan matang

Metode pengerjaan tugas yang belum terstruktur secara teknis (methode)

Perlu dibuat susunan panitia teknis kegiatan, dengan tugas dan tanggungjawab yang harus diselesaikan

 

Perlu dibuatkan petunjuk teknis kegiatan. Laporan kegiatan bisa menjadi salah satu referensi

Tidak ada laporan kegiatan yang bisa menjadi acuan kerja atau referensi. Padahal akan banyak informasi yang bisa dijadikan referensi agar kegiatan dapat terselenggara lebih baik setiap tahunnya (information & methode)

Perlu dibuat SOP untuk membuat laporan internal kegiatan, sebagai bahan evaluasi dan reverensi kegiatan kedepan

2

Mempersiapkan penyelenggaraan penerimaan tamu-tamu Pemerintah Daerah, tamu-tamu Negara, serta tamu-tamu perwakilan negara sahabat;

Informasi perihal tamu yang hadir, tujuan kunjungan, dan detail agenda kegiatan, tidak terinfo kepada seluruh anggota protokol (information)

 

Ada saja protokol yang tidak mengetahui dengan jelas agenda kegiatan (men)

Dapat dibuat formulir matrix informasi, dan informasi disebarkan kepada tim internal agar setiap protokol mengetahui detail kegiatan, apa yang harus dilakukan, dan dapat mempersiapkan sesuatu yang dibutuhkan.

 

 

Penerimaan tamu daerah dengan tujuan spesifik dapat difasilitasi oleh dinas/OPD terkait. Namun jika kunjungan bersifat umum, kebutuhan harus disediakan oleh sub bagian protokol (money)

Perlu penggalian informasi lebih lanjut perihal tujuan kunjungan, agar kebutuhan biaya dapat ditanggung oleh dinas terkait, atau berkolaborasi.

 

No comments:

Post a Comment