Monday 25 November 2013

Pengertian Audit Komunikasi dan Audit Humas

1.      Myron Emmanuel (1985) dalam ‘Inside Organizational Communication’ 2nd Edition :
Pada dasarnya, audit komunikasi merupakan kajian menyeluruh dan seksama tentang filsafat komunikasi beserta konsep-konsep, struktur, arus dan praktek komunikasi dalam suatu organisasi, baik itu organisasi kecil atau besar, organisasi usaha atau nirlaba, dan swasta antar publik. Suatu audit komunikasi diharapkan dapat menyingkap kemacetan-kemacetan komunikasi yang efektif, dan peluang-peluang yang telah disia-siakan.
2.      Booth : Proses pembuatan analisis antar komunikasi didalam organisasi oleh kerjasama internal atau eksternal dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi organisasi.
3.      Jane Gibson & Richard Hodgetts:
Suatu analisis yang lengkap atas sistem-sistem komunikasi internal dan eksternal dari suatu organisasi. Ruang lingkup audit komunikasi meliputi tantangan dari sekadar pertimbangan atas salah satu divisi sampai ke iklim organisasi secara keseluruhan ruang lingkup tersebut bergantung pada mandate dan kepentingan pimpinan puncak organisasinya.
4.      Gerald Goldhaber:
Pemeriksaan diagnosis yang dapat memberikan informasi dini untuk mencegah kehancuran kesehatan organisasi yang lebih besar.
5.      Howard:
Sebuah struktur konseptual dan metologis … (yang digunakan untuk pemeriksaan proses-proses komunikasi didalam organisasi).

Sumber : Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi Teori dan praktek. Jakarta: Grasindo

Audit Humas

1.      Menurut Moore (1989), audit humas adalah suatu studi yang tersusun secara longgar, berskala luas, yang menyelidiki hubungan masyarakat perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.
2.      Carl Byoir dan Rekan, salah satu pelopor auditing public relations, menjelaskan, “Audit public relations, seperti terimplikasi dari namanya, melibatkan sebuah studi mendalam, tentang posisi public relations dari sebuah organisasi: bagaimana public relations berdiri pada opini  dari publik beragam.” http://komunikasi-indonesia.org/2010/12/audit-public-relations/

3.      A public relations audit is an internal process whereby company leaders, often in collaboration with a PR firm, review opportunities to communicate and potential threats to the organization's reputation. In performing a PR audit, the business must consider both internal factors and possible circumstances outside the company's control 

No comments:

Post a Comment