Monday 25 November 2013

Mobilization, collectivism and long waves Introduction and The field of industrial relations

Resume RETHINKING INDUSTRIAL RELATIONS
oleh :
Intan Chairunnisha 210110110231
Wulan Anggraeni 210110110264
Nida Choirun Nufus 210110110281
Cindy Lidya Putri Simbolon 210110110282

Humas C 2011

Ada yang mengatakan bahwa serikat buruh harus meninggalkan prinsip-prinsip dan praktek-praktek tradisional kolektivis, apapun tujuan serikat buruh kedepannya. Pandangan lain melihat bahwa serikat pekerja dan proses tawar-menawar kolektif hanya dapat bertahan jika lembaga ini menyesuaikan diri dengan tekanan pasar dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan kompetitif perusahaan.
Jika digambarkan dalam teori gelombang panjang, dapat diketahui bahwa fluktuasi nasib gerakan buruh nasional mengikuti pola prediksi yang erat dikaitkan dengan irama dari ekonomi kapitalis. Teori postmodernis mengklaim bahwa gerakan buruh klasik akan menurun, sedangkan teori gelombang panjang menunjukkan bahwa gerakan buruh lebih mungkin untuk berada di ambang kebangkitan.
Bidang Hubungan Industrial
Dalam bab 1, membahas mengenai hal yang menjadi masalah intelektual sentral dalam hubungan industrial kontemporer. Secara khusus membahas tiga tujuan utama. Pertama, prioritas penelitian yang tidak menyelaraskan bidang hubungan industrial dengan prioritas ekonomi dan politik pengusaha dan negara. Kedua, menjadi patokan terhadap sesuatu yang dapat kita tinjau dalam hal kemajuan bidang hubungan industrial dalam beberapa dekade terakhir. Terakhir, membahas mengenai masalah yang sama, yang akhirnya digunakan sebagai brenchmarks dalam evaluasi pendekatan alternatif.
Fokus perhatian hubungan industrial adalah 'penciptaan surplus secara ekonomi, co-eksistensi konflik dan kerjasama, hubungan pertukaran yang bersifat tidak tentu, dan asimetri kekuasaan’.
Konflik dan kerjasama dalam hubungan kerja memungkinkan Kita untuk mengidentifikasi empat masalah utama dan bertahan di lapangan. Pertama, bagaimana pekerja datang untuk mendefinisikan kepentingan mereka dalam hal kolektif atau individu? sedangkan pengusaha yang selalu dan terutama berkaitan dengan profitabilitas, karena persaingan pasar, tidak ada mekanisme yang sesuai di antara para pekerja yang dapat menetapkan prioritas setara dengan salah satu dari banyak kepentingan mereka.
apa cara paling berguna dari konseptualisasi kekuasaan dan sumber daya pekerja, pengusaha, dan negara? Terakhir, bagaimana seharusnya Kita mengkonsep hubungan antara pekerja dan kepentingan atasan?
Kepentingan Pekerja
Paul Edwards telah menyatakan bahwa cara yang paling tepat untuk mengetahui bagaimana pekerja mendefinisikan kepentingan mereka 'adalah melalui analisis apa yang mereka lakukan, bukan apa yang mereka katakan, dan melalui fokus pada kelompok bukan individu. Perilaku pekerja yang rumit dikarenakan mereka tidak setuju terhadap 'eksploitasi serta bekerjasama dengan pengusaha untuk memastikan kelangsungan hidup perusahaan tertentu (lih Cressey dan MacInnes 1980). Sebagai konsekuensinya hubungan antara pekerja dan pengusaha selalu melibatkan konflik dan kerjasama. Dalam kasus nyata proses hubungan ini mengambil berbagai bentuk, tergantung pada 'orientasi' pekerja untuk pengusaha yang militan atau sepakat dan individualis atau kolektivis dan apakah orientasi tersebut telah didefinisikan organisasi ke kolektif (Edwards 1986:226-229).
Kekuasaan dan perundingan bersama
Bergabung dengan serikat pekerja merupakan cara untuk mengatasi kelemahan para pekerja sebagai individu dalam hubungan kerja. Karena sekelompok pekerja yang terorganisir dalam serikat pekerja akan lebih setara dengan pengusaha dibandingkan sekedar individu saja. Ketika serikat pekerja dan pengusaha terlibat dalam perundingan kolektif (berunding) hubungan mereka melibatkan suatu ancaman atau penyebaran kekuasaan dan hasil tawar-menawar tersebut akan mencerminkan keseimbangan kekuasaan. Jadi ketika suatu serikat pekerja berunding dengan pihak pengusaha, maka akan terdapat suatu ancaman atau konflik diantara kedua pihak, karena masing-masing pihak memiliki tingkat kekuasaan yang berbeda. Kekuasaan pekerja cenderung lebih rapuh dan sangat rentan terhadap efek korosif tingginya pengangguran. Namun hal terpenting mengenai sebuah konsep hubungan industrial ini adalah adanya diskusi walaupun cuma sedikit.

Hubungan industri telah diakui sebagai pusat pentingnya kekuasaan, tetapi tidak dikenakan untuk analisis konseptual, atau digunakan secara ekstensif dalam penelitian empiris. (Martin 1992:2, dan lihat juga Martin 1981:105). Istilah kekuasaan juga merupakan suatu hal yang sering dibahas. Lih Lukes 1974 mengatakan bahwa ada empat cara yang digunakan berkaitan dengan kekuasaan,  empat cara tersebut antara lain adalah menggunakan variabel proxy, mengacu pada faktor penentu struktural atau berkolerasi, memeriksa hasil tawar-menawar dan dengan mengacu pada variabel subjektif.
Beberapa faktor struktural yang mungkin mempengaruhi kekuatan serikat pekerja, antara lain: produk produk, tenaga kerja, posisi strategis dari kelompok kerja dalam proses produksi, tingkat substitusi tenaga kerja, jenis sistem pembayaran, sistem pengendalian manajemen, strategi perusahaan, struktur dan kecanggihan organisasi serikat pekerja dan ruang lingkup dan kedalaman kolektif (misalnya Batstone 1988b, Brown 1973:144-145, Martin 1992:14 - 16). Namun dampak dari variabel-variabel tersebut pada keseimbangan kekuasaan jauh dari jelas (belum jelas). Karena di satu sisi, kekuatan serikat pekerja kemungkinan akan melemah dalam resesi persaingan produk pasar dan dengan adanya pengangguran massal. Di sisi lain, produk dipasaran yang semakin kompetitif juga dapat melemahkan pengusaha karena mereka akan menghindari gangguan produksi (kecuali tingginya tingkat persediaan memberikan mereka (pengusaha) kemampuan untuk menolak setiap tindakan industrial): jadi dengan kata lain selama pengusaha ingin melakukan produksi, para pekerja memiliki beberapa tingkat kekuatan '(Batstone dan Gourlay 1986:18).
Salah satu cara mengendalikan masalah yang mungkin timbul adalah dengan memfokuskan ke hasil keputusan, dengan memberikan kesempatan kepada masing-masing pihak untuk mendapatkan cara mereka sendiri disaat menghadapi masalah dan dalam perundingan bersama (maksudnya tidak ada tentangan ketika melakukan perundingan baik untuk para pekerja maupun untuk pengusaha).(Edwards 1978, 1983).
Negara-negara Kapitalis
Tidak banyak buku hubungan industrial yang mengungkapkan tentang negara-negara kapitalis. Edwards , dalam bukunya Konflik di Tempat Kerja ( 1986 ) berisi analisis yang panjang , menggambarkan teori negara Marxis kontemporer , peran negara kapitalis dalam mengatur tempat kerja (dan lihat juga Edwards 1994)  Negara-negara kapitalis menikmati tingkat otonomi relatif dari sebagian kelas sosial karena manajer negara mampu mengeksploitasi perpecahan intra – kelas. Tujuan yang kontradiktif dari negara-negara ini adalah untuk mempertahankan akumulasi modal sementara legitimasi sistem produksi kapitalis.
Hubungan Pekerja –majikan
Pasca - 1979 penurunan serikat buruh bertambah cepat dan menunjukkan beberapa tanda-tanda membiarkan naik , akademik dan komentator lainnya semakin mengubah pikiran mereka dari analisis penurunan ke prognosis untuk pertumbuhan . Sejumlah besar penulis ( baik di Eropa dan Amerika Serikat ) berpendapat bahwa kelangsungan hidup serikat pekerja dan pemulihan nya menyalakan kesediaan serikat pekerja dan anggotanya berperilaku ' moderat ' dan untuk menawarkan konsesi kepada majikan sebagai bagian dari sosial baru kemitraan antara tenaga kerja dan modal. Banyak literatur ' kemitraan sosial ' terdiri dari eksplorasi contoh khusus dari hubungan ini. Ada paralel mencolok antara kemitraan soial dan literatur manajemen sumber daya manusia , yang paling jelas dalam cara yang prioritas pengusaha telah datang untuk mendominasi intelektual agenda peneliti , tetapi juga tampak dalam keengganan penulis ini untuk mengatasi wajah memfitnah kekuasaan majikan : tindakan seperti penghentian pengakuan serikat pekerja dan viktimisasi aktivis serikat pekerja . Apa juga yang tampak dalam sebagian besar literatur kemitraan sosial adalah tidak adanya analisa historis pola-pola hubungan pekerja-manajemen.
Menjelaskan kesenjangan
Industrial Relations Research Unit di Warwick berpendapat bahwa hubungan penelitian industri Inggris dan analisis menampilkan serangkaian besar kelemahan , yang pertama adalah bahwa sebagian besar deskriptif. Kedua , ada bias yang kuat terhadap deskripsi dari lembaga-lembaga serikat pekerja dan pengaturan perundingan bersama dengan mengorbankan proses sosial seperti pengaruh dan mobilisas . Ketiga , peneliti jarang menggunakan teori , baik untuk mengatur data , untuk menghasilkan dan menguji hipotesis atau untuk mengembangkan analisis dan argumen. Keempat , beberapa upaya teori yang telah dibuat adalah ditandai dengan keterbelakangan konseptual yang signifikan dan ambiguitas.
Kebijakan dan Penelitian
Di sisi hukum banyak penelitian melakukan evaluasi deskriptif kembali , yaitu sejauh man langkah hukum yang dimiliki pemerintah mencapai efek yang diinginkan. karenanya kami memiliki evaluasi empiris menyeluruh dari undang-undang tentang pemungutan suara , toko tertutup dan tindakan industrial. Melihat kembali selama dua puluh tahun itu mencolok untuk melihat bagaimana agenda penelitian hubungan industrial telah bergeser sejalan dengan prioritas perubahan pengusaha dan negara , kecenderungan yang sudah jelas pada tahun 1987.
Teori dalam hubungan industrial
Konsep Dunlop tentang sistem hubungan industrial (aktor, aturan dan rule making, konteks dan ideologi) memiliki tujuan ganda. Hal itu dimaksudkan baik untuk menetapkan fokus analitis untuk disiplin muncul dan berfungsi sebagai teori diuji. Tetapi penilaian Sistem Hubungan Industrial beberapa tahun yang lalu mengkonfirmasi apa yang semua orang tahu: 'itu secara luas dianut di seluruh dunia sebagai alat untuk menyelenggarakan kursus hubungan industrial dan buku teks .... Kegagalan besar, bagaimanapun, telah menjadi ketidakmampuan untuk merangsang peneltian menguji hipotesis '
Hypothesis penelitian
Trend hypotheses adalah proposisi yang menyatakan bahwa dalam jangka waktu tertentu telah terjadi kejadian yang lebih besar atau kecil dari fenomena tertentu, baik berupa manajemen sumber daya manusia, desentralisasi perundingan atau keanggotaan closed shop.
Kebijakan hasil hypothesis sedkit banyak menghasilkan kebijkan negara dan pengusaha. Namun kebijakan hypothesis sering dikritik mengenai belum tentu akan cocok dengan keadaan kerja secara nyata, dan efek dari kebijakan terlalu dibesar-besarkan, setengah dari tuntutan tidak kuat. Beberapa kritik sering ditambahkan dengan rendahnya kualitas kerja sebelumnya dan keterangan bahwa diperlukan penelitian lebih baru dan ketat untuk menguji efektivitas kebijakan.
Hypothesis korelasional menjelaskan bahwa satu variable berhubungan dengan yang lain serta data lalu dikumpulkan untuk melihat kasus yang terjadi. Hal yang mungkin paling umum dari semua adalah multifactor hypothesis. Kadang-kadang dikenal sebagai model atau kerangka kerja, atau teori, terdiri dari bahwa terkadang fenomena atau kejadian adalah fungsi kompleks dari factor yang berbeda kepentingan.
Kesimpulan
kita telah membuat kemajuan atas apa yang disebut masalah utama dari hubungan industry. Kita tiadk mengetahui apakah pekerja lebih kolektiv atau individualis, kita tidak mengetahui konsep kepentingan pekerja untuk menjawab pertanyaan sebelumnya. Tidak adanya definisi kekuasan dalm hubungan industry menyebabkan kurangnya cara untuk mengukur kekuasaan tersebut dan tanpa teori yang meyakinkan mengenai peralihan dan penyebaran kekuasaan. Akibatnya kita tidak mengetahui mengapa, bagimana dan seberapa banyak kekuatan serikat pekerja telah menurun di tahun 1980 dan sejauh mana penurunan tersebut dapat dihindari mengingat kebijakan yang berbeda dari satu dan lainnya kepala pelaku hubungan industrial, termasuk negara. Pada akhirnya kita tidak mengetahui apakah system hubungan industrial inggris sedang mengalami perubahan besar atau kecil, jangka pendek atau jangka panjang, siklus atau sirkuler. Tidak hanya kekurangan jawaban atas pertanyaan dasar tapi kita juga kekurangan alat bantu konseptual dan teroritis untuk mendapatkan jawaban yang bermanfaat. Dalam penyusunan alat tersebut akan di jelaskan pada bab berikutnya.

No comments:

Post a Comment