Wednesday 30 May 2012

Empat prinsip utama komunikasi visual





Prinsip utama dalam komunikasi visual adalah ruang kosong, kejelasan, kesederhanaan, dan emphasys.
1.    Ruang kosong (white space)
Dalam poster diatas, ruang kosong yang digunakan sudah sangat baik. Degradasi warna yang digunakan sangat tipis, namun memberikan nuansa penekan kata “hi-fi” dari warna ungu(luar) ke hitam (bagian dalam). Efek glitter ungu pun menambah nuansa “keluhuran” acara yang akan diselenggarakan. Pada bagian terluar, terlihat juga motif bernuansa religi (seperti dalam masjid) digunakan sebagai frame yang memberikan kesan keagamaan.


2.    Kejelasan (clarity)
Dari kalimat “shake your hands, break the boundaries” disertai bentuk tulisan seperti arab, saya rasa maksud pesan dalam poster itu sudah cukup jelas yaitu ajang silaturahmi dalam budaya  Islam. Tapi mungkin kita bartanya-tanya, siapa yang membuat acara tersebut, dan kepada siapa saja acaranya ditujukan. Biasanya, disetiap poster pasti ada logo pembuat acara, seperti logo perkumpulan, instansi, atau logo acara. Namun saya tidak menemukannya dalam poster diatas.
3.    Kesederhanaan (simplicity)
Bentuk poster diatas terlihat cukup sederhana karena tidak menggunakan banyak warna dan bentuk. Poster terlihat sederhana dan elegan dengan pemilihan warna dan ruang kosong berupa kilauan.
4.    Emphasys
Menurut saya,emphasys poster diatas terdapat pada singkatan kata hi-fi. Seseorang mungkin tertarik membaca poster itu karena penasaran dengan arti kata tersebut.

No comments:

Post a Comment