Wednesday 30 May 2012

Proses pelaksanaan tugas humas


Pelayanan Buruk, RS Cimacan Cianjur Didemo Warga
inilah.com
Oleh: Benny Bastiandy
Jabar - Jumat, 24 Juni 2011 | 16:45 WIB
            Tiba sekitar pukul 14.00 WIB, ratusan massa menggelar orasi di depan halaman Rumah Sakit Cimacam dalam pengawalan ketat aparat kepolisian. Berbagai poster bertuliskan kecaman terhadap kinerja manajemen rumah sakit, mewarnai aksi itu. Tak ayal, arus lalu lintas dari dua arah menuju Puncak maupun Cipanas, sempat terhambat.
            Koordinator aksi, Dadan Supriyatna mengungkapkan, pihaknya menilai tidak ada keberpihakan manajemen rumah sakit terhadap pasien miskin. Contohnya saja, kata Dadan, pilih kasih dalam hal pelayanan.
"Pihak rumah sakit lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat yang mampu, sementara pasien kalangan tidak mampu kerap diabaikan," kata Dadan dalam orasinya, Jumat (24/6/2011).
            Atas kondisi itu, Dadan meminta agar pihak rumah sakit memberikan keringanan biaya pengobatan dan penggunaan fasilitas bagi warga kurang mampu, karena dirasakan sangat mahal.
            "Kami mendesak Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Dinas Kesehatan membenahi dan memperbaiki total pelayanan Rumah Sakit Cimacan. Sekaligus juga melakukan audit secara transparan, dan adanya sosialisasi obat generik kepada semua pasien," tegas Dadan.
            Usai berorasi, akhirnya manajemen RS Cimacan menemui pengunjuk rasa dan melakukan dialog. Beberapa tuntutan pun dilontarkan massa.
Akhirnya, massa membubarkan diri. Mereka menunggu langkah yang akan diambil Pemkab Cianjur terhadap tuntutan dan aspirasinya. [gin]
Proses pelaksanaan tugas humas
Upaya yang dilakukan atas kasus demonstrasi yang terjadi:

a.       Menyelidiki dan mendengarkan (fact finding)
Masyarakat miskin merasa ada tidakadilan pada pelayanan yang dilakukan oleh RS Cimacan. Warga menyatakan rumah sakit lebih mengutamakan masyarakat yang mampu dan mengabaikan masyarakat yang tidak mampu. Masyarakat tidak mampu meminta agar pihak rumah sakit memberikan keringanan biaya pengobatan dan penggunaan fasilitas karena dirasa sangat mahal.
b.      Mengambil ketentuan dan merencanakan (planning)
Setelah menganalisa pendapat masyarakat tidak mampu dan mengintegrasikan dengan kebijaksanaan rumah sakit, kami selaku pihak Rumah Sakit Cimacan akan merencanakan kebijakan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik masyarakat maupun pihak rumah sakit. Kami juga akan menyampaikan kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pemerintah mengenai masalah ini. Untuk masyarakat tidak mampu, pihak rumah sakit telah memberikan keringanan terhadap masyarakat tidak mampu dengan adanya beberapa syarat yang harus dipenuhi.
c.       Melaksanakan komunikasi (communicating)
Setelah melakukan planning, kami akan mengomunikasikan kepada masyarakat  atas perencanaan yang telah kami rencanakan sebelumnya. Kami selaku pihak rumah sakit akan akan mencoba memaksimalkan pelayanan kami kepada seluruh pasien. Untuk masalah biaya, kami akan memberikan sosialisasi tentang cara mendapatkan bantuan keringanan biaya karena pihak rumah sakit telah memiliki prosedur atau beberapa persyaratan yang tidak sulit untuk mendapat biaya yang murah. Namun cukupp banyak juga masyarakat yang merasa butuh bantuan biaya yang murah namun tidak tahu bagaimana prosedurnya.
Untuk masalah pelayan, kami menerima masukan dan keluhan masyarakat dengan pengadaan bagian pelayanan keluhan yang akan kami bahas setiap bulannya untuk mengevaluasi hasil kerja kami. Untuk masalah pelayanan, kami kira pelaksanaan evaluasi –membahas keluhan masyarakat yang nantinya akan kami laksanakan setiap bulannya sudah dapat memberikan ‘rem’ bagi kami untuk terus memperbaiki kinerja.
Kami sebagai pihak rumah sakit telah mengupayakan pelayanan yang baik, namun ada kalanya kejadian yang dialami masyarakat akibat kekurangahaman mengenai aturan-aturan yang ada. Tanpa bermaksud menyalahkan atau membenarkan pihak manapun, kami meminta pengertian masyarakat untuk mengambil sisi baiknya dan saling mengingatkan. Pemerintah dan dinas pendidkan telah melakukan upaya untuk melayani masyarakat. Namun karena banyaknya yang harus dilakukan Pemerintah, kami meminta masyarakat untuk bersabar dan memahami kebijakan rumah sakit.
d.      Penilaian (evaluating)
Setelah mengadakan fungsi pelayanan di bidang keluhan dan melaksanakan evaluasi atas keluhan masyarakat setiap bulannya, kami akan menilai tingkat keluhan yang ada. Jika daftar keluhan berkurang, artinya upaya peningkatan kualitas pelayanan kami telah mengalami peningkatan. Selain itu, untuk lebih memastikan bahwa pengurangan jumlah keluhan bukan disebabkan oleh rasa lelah yang dialami masyarakat karena tidak ada perubahan, kami juga akan melakukan survey langsung kepada masyarakat perihal peningkatan kualitas dan keberhasilan sosialisasi tentang prosedur pengurangan biaya untuk meringankan biaya yang dirasa berat oleh masyarakat miskin. Jika semua telah berjalan dengan baik, upaya yang dilaksanakan sudah baik. Masyarakat miskin akan terbantu dan cira rumah sakit akan meningkat.

No comments:

Post a Comment