1. Humas
adalah aktivitas komuniksi dua arah dengan publik (perusahaan/organisasi), yang
bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu/kerjasama.
2. Menurut
The International Public Relation
Association (IPPRA), “PR is a management
function, of a continuing and planned character, though which public and
private organizations and institutions seek to win and retain the
understanding, sympathy and support of those with whom they are or may be
concerned – by evaluating public opinion about themselves, in order to
correlate, as far as possible, their own policies and procedures, to achieves
by planned and widespread information more productive cooperation and more
efficient fulfillment of their common interests” (PR adalah fungsi manajemen, yang bersifat berkelanjutan dan terencana, meskipun yang organisasi publik dan swasta dan lembaga
berusaha untuk memenangkan dan mempertahankan pengertian, simpati dan dukungan dari orang-orang dengan siapa mereka atau mungkin khawatir - dengan
mengevaluasi pendapat umum tentang
diri mereka sendiri, untuk mengkorelasikan,
sejauh mungkin, kebijakan dan prosedur
mereka, untuk mencapai dengan
kerjasama yang lebih produktif yang
direncanakan dan informasi luas
dan pemenuhan yang lebih efisien dari kepentingan bersama mereka)
3. John
E. Marston dalam Modern Public Relation (1979)
: “Public Relations is planned,
persuasive communication designed to influence significant public.” (Humas direncanakan komunikasi,
persuasif yang dirancang untuk mempengaruhi
publik signifikan)
4. Definisi
J.C., Seidel, Public Relations Director, Division of Housting, State of New
York berbunyi : “Public relations is a
continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and
understanding of itscostumenrs,its employees and the public at large, inwardly
thought self analysis and correction, outwardly throught all means of
expression” (Public Relations adalah proses yang kontinu dari usah-usaha
management untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para langganannya,
pegawainya
Dan publik umumnya; kedalam dengan mengadakan
analisa dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan
pernyataan-pernyataan).
5. Definisi
W. Emerson Reck, Public Relations Director, Coltage University berbunyi : ”Public relations is the continued process
of keying policies, services and actions to the best interest of those
individual and groups whose confidence and goodwill and individual or
institution covets, and secondly, it is the interpretation of these policies,
services and actions to assure complete understanding and appreciation.” (Public
Relations adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijakan, penentuan pelayanan-pelayanan
dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar
orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan goodwill dari mereka. Kedua,
pelaksanaan kebijakan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian
dan penghargaan yang sebaik-baiknya).
6. Definisi
Howard Baoham, Vise Chairman, American National Red Cross menyatakan : “Public Relations is the art of bringing
about better public understanding which breeds greater public confidence for
any individual or organization” (Public Relations adalah seni menciptakan
pengertian publik yang lebih baik yang kepercayaan public terhadap seseorang atau organisasi)
7 “Public relation is a destinctive management function which helps establish
and maintain mutual lines of communication, understanding, acceptance and
cooperative between an organisation and its publics; involves the management to
keep informed on and responsive to public opinious; defines and emphasises the
responsibility of management to serve the public interest; helps management
keep breast of and effectivel utilise change; serving as an early warning
system to help anticipate trends; and uses research and ethical communication
techmiques as its participal tools.” (Hallow 1976:36)
8. In
1978, the first world Assembly of Public Relations Associations in Mexico
defined PR as “the art and social science
of analyzing trends, predicting their consequences, counseling organizational
and the public interest” (Newsom at
al.2000.2)
9. “Public relations helps an
organization and its publics adapt mutually to each other” (Public Relation
Society of America 2004)
10. PR was defined as ‘influencing
behavior to achieve objectives throught
the effective management of relationships and communications’ (Department of
Trade and Inndustry and Institute of Public Relations 2003:10)
11. Definisi
Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan
sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbale balik antara
organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation
dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi
antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas,2002)
12. Marston
mengatakan “public relation adalah suatu perencanaan dengan menggunakan
komunikasi persuasive untuk mempengaruhi persepsi masyarakat”(1999,p.i)
13. Menurut Frank
Jeffkins, Humas
adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke
dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan
khusus, yakni pengertian bersama.
14.
Menurut
Edward L. Bernays, humas memiliki tiga pengertian :
1.Memberi penerangan kepada masyarakat.
3.Usaha-usaha
mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan
dari masyarakat terhadap permasalahannya.
15. The Public Relations Society of America :
Humas membantu suatu organisasi dan
publiknya untuk saling beradaptasi secara menguntungkan.
Humas adalah usaha organisasi untuk
memperoleh kerjasama dari sekelompok orang.
Humas membantu organisasi berinteraksi
secara efektif dan berkomunikasi dengan publik utama.
16.
Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas merupakan fungsi
manajemen yang menilai sikap publik,
mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta
merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian,
pemahaman, dan dukungan dari publiknya.
17. Menurut J.C.Seidel,
Humas adalah proses yang
berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad
baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam
dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri
sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan. (Public Relations
is the continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and
understanding of its customers, its employers, and the public at large;
inwardly through self analysis and corrections, inwardly through all means of
expressions).
18. Public
Relation World Conference : Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan,
memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan
melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani
kepentingan publik dan organisasinya.
19. Menurut Cutlip,
Center, dan Broom, Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan
mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara
organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan
kegagalan organisasi tersebut
20. Menurut Jeffkins
& Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik. (Public
relations is a system of communication to create goodwill).
Sumber :
Abdurrachman, Oemi,
M.A.1968.dasar-dasar public relation.Bandung:PT Citra AdityaBakti
Davis, Anthony. 2005. Everything
You Should Know About Public Relations. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Canfield, Bertrand. R. 1968. Public
relations; principles, cases, and problems. R. D. Irwin. Hal 389.
Dozier, David M, dkk. 1995. Manager's
guide to excellence in public relations and communication management.
Routledge. Hal 71.
Jefkins, Frank. 1986. Planned Press
and Public Relations. Edisi 2. Blackie. Hal 7.
Kusumastuti, Frida.2002.dassar-dasar
humas.BogorSelatan:Ghalia Indonesia
Prof. Drs. H.A.W. Widjaja. 2008. Komunikasi
dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Ruslan, Rosady. 2005. Kampanye Public
Relations. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Seidel. 1947. Stores. Jilid 33.
National Retail Merchants Association, Inc. Hal 20.
Tench,Ralph and
Liz Yeomans.2006.eksploring public relations.Mateu-Cromo Artes Graficas, Spain
makasih kaka buat postingannya, kebetulan dapet tugas suruh nulis definisi PR. btw aku fikom unpad 2012 kak, kaka angkatan 2011 ya? hehe salam kenal :D
ReplyDeletesama2. Salam kenal juga ya Indah. :) iya, aku angk.2011 :D
ReplyDeleteBoleh saya beli buku dasar dasar humas penulisnya Frida Kusumastuti?
Delete