Sunday 25 March 2012

Berbagai definisi Humas


1. Humas adalah aktivitas komuniksi dua arah dengan publik (perusahaan/organisasi), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu/kerjasama.
2. Menurut The International Public Relation Association (IPPRA), “PR is a management function, of a continuing and planned character, though which public and private organizations and institutions seek to win and retain the understanding, sympathy and support of those with whom they are or may be concerned – by evaluating public opinion about themselves, in order to correlate, as far as possible, their own policies and procedures, to achieves by planned and widespread information more productive cooperation and more efficient fulfillment of their common interests” (PR adalah fungsi manajemen, yang bersifat berkelanjutan dan terencana, meskipun yang organisasi publik dan swasta dan lembaga berusaha untuk memenangkan dan mempertahankan pengertian, simpati dan dukungan dari orang-orang dengan siapa mereka atau mungkin khawatir - dengan mengevaluasi pendapat umum tentang diri mereka sendiri, untuk mengkorelasikan, sejauh mungkin, kebijakan dan prosedur mereka, untuk mencapai dengan kerjasama yang lebih produktif yang direncanakan dan informasi luas dan pemenuhan yang lebih efisien dari kepentingan bersama mereka)
3. John E. Marston dalam Modern Public Relation (1979) : “Public Relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public.” (Humas direncanakan komunikasi, persuasif yang dirancang untuk mempengaruhi publik signifikan)
4. Definisi J.C., Seidel, Public Relations Director, Division of Housting, State of New York berbunyi : “Public relations is a continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and understanding of itscostumenrs,its employees and the public at large, inwardly thought self analysis and correction, outwardly throught all means of expression” (Public Relations adalah proses yang kontinu dari usah-usaha management untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para langganannya, pegawainya
Dan publik umumnya; kedalam dengan mengadakan analisa dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan).         
5. Definisi W. Emerson Reck, Public Relations Director, Coltage University berbunyi : ”Public relations is the continued process of keying policies, services and actions to the best interest of those individual and groups whose confidence and goodwill and individual or institution covets, and secondly, it is the interpretation of these policies, services and actions to assure complete understanding and appreciation.” (Public Relations adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijakan, penentuan pelayanan-pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan goodwill dari mereka. Kedua, pelaksanaan kebijakan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya).
6. Definisi Howard Baoham, Vise Chairman, American National Red Cross menyatakan : “Public Relations is the art of bringing about better public understanding which breeds greater public confidence for any individual or organization” (Public Relations adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang kepercayaan public terhadap seseorang atau organisasi)
Public relation is a destinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communication, understanding, acceptance and cooperative between an organisation and its publics; involves the management to keep informed on and responsive to public opinious; defines and emphasises the responsibility of management to serve the public interest; helps management keep breast of and effectivel utilise change; serving as an early warning system to help anticipate trends; and uses research and ethical communication techmiques as its participal tools. (Hallow 1976:36)
8. In 1978, the first world Assembly of Public Relations Associations in Mexico defined PR as “the art and social science of analyzing trends, predicting their consequences, counseling organizational and the public interest (Newsom at al.2000.2)
9. “Public relations helps an organization and its publics adapt mutually to each other” (Public Relation Society of America 2004)
10. PR was defined as ‘influencing behavior  to achieve objectives throught the effective management of relationships and communications’ (Department of Trade and Inndustry and Institute of Public Relations 2003:10)
11. Definisi Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbale balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas,2002)
12. Marston mengatakan “public relation adalah suatu perencanaan dengan menggunakan komunikasi persuasive untuk mempengaruhi persepsi masyarakat”(1999,p.i)
13. Menurut Frank Jeffkins, Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.
14.   Menurut Edward L. Bernays, humas memiliki tiga pengertian :
1.Memberi penerangan kepada masyarakat.
2.Pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan.
3.Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.
15.   The Public Relations Society of America :
Humas membantu suatu organisasi dan publiknya untuk saling beradaptasi secara menguntungkan.
Humas adalah usaha organisasi untuk memperoleh kerjasama dari sekelompok orang.
Humas membantu organisasi berinteraksi secara efektif dan berkomunikasi dengan publik utama.
16.   Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.
17.   Menurut J.C.Seidel, Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan. (Public Relations is the continuing process by which management endeavors to obtain goodwill and understanding of its customers, its employers, and the public at large; inwardly through self analysis and corrections, inwardly through all means of expressions).
18. Public Relation World Conference : Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.
19. Menurut Cutlip, Center, dan Broom, Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut
20.  Menurut Jeffkins & Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik. (Public relations is a system of communication to create goodwill).

Sumber :
Abdurrachman, Oemi, M.A.1968.dasar-dasar public relation.Bandung:PT Citra AdityaBakti
Davis, Anthony. 2005. Everything You Should Know About Public Relations. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Canfield, Bertrand. R. 1968. Public relations; principles, cases, and problems. R. D. Irwin. Hal 389.
Dozier, David M, dkk. 1995. Manager's guide to excellence in public relations and communication management. Routledge. Hal 71.
Jefkins, Frank. 1986. Planned Press and Public Relations. Edisi 2. Blackie. Hal 7.
Kusumastuti, Frida.2002.dassar-dasar humas.BogorSelatan:Ghalia Indonesia
Prof. Drs. H.A.W. Widjaja. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Ruslan, Rosady. 2005. Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Seidel. 1947. Stores. Jilid 33. National Retail Merchants Association, Inc. Hal 20.
Tench,Ralph and Liz Yeomans.2006.eksploring public relations.Mateu-Cromo Artes Graficas, Spain

3 comments:

  1. makasih kaka buat postingannya, kebetulan dapet tugas suruh nulis definisi PR. btw aku fikom unpad 2012 kak, kaka angkatan 2011 ya? hehe salam kenal :D

    ReplyDelete
  2. sama2. Salam kenal juga ya Indah. :) iya, aku angk.2011 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saya beli buku dasar dasar humas penulisnya Frida Kusumastuti?

      Delete