Sunday, 25 March 2012

Pengertian Komunikasi Massa sebagai Media Baru


Menurut Bittner, komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
Gerbner menyatakan komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri.
Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Media baru merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung kedalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah internet. Program televise, film, majalah, buku, surat kabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.[1]
Menurut saya, komunikasi massa (new media) adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan melalui teknologi komunikasi digital yang terhubung kedalam suatu jaringan.



[1] Flew(2005).New Media.An Introductiion.2nd edition.Oxford University Press.New York

No comments:

Post a Comment