Sunday 25 March 2012

Samakah manajemen komunikasi dengan komunikasi manajemen?


Manajemen komunikasi itu apa? Sama gak sih dengan komunikasi manajemen? Pertanyaan itu mungkin sempat terbersit dalam pikiran anda, apalagi bagi para mahasiswa semester awal seperti saya. Beberapa kali saya mencari sumber dan mencoba memahami pelan-pelan perbedaan mendasar antara kedua kata yang saya fikir semula hanya sakadar kata yang dibalik.
Menurut Kaye, istilah manajemen komunikasi merujuk kepada bagaimana orang-orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dalam berbagai setting atau konteks komunikasi. Dalam proses komunikasi tersebut, lebih lanjut Kaye menyatakan terkandung adanya upaya optimal untuk memanfaatkan manusia dan teknologi guna membangun dialog di antara pelaku komunikasi.
Dalam sebuah situs asosiasi managemen komunikasi, saya menemukan tulisan Dr.Antar Venus yang menyimpulkan bahwa manajemen komunikasi adalah proses pengelolaan sumber daya komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi (komunikasi individual, organisasional, pemerintahan, sosial, atau bahkan internasional).
Sekarang saya beralih pada komunikasi manajemen. Berdasarkan buku yang ditulis oleh J.A .Pauley dan J.F.Pauley, komunikasi manajemen adalah sistematis perencanaan , pelaksanaan, pemantauan, dan revisi dari semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi , dan antara organisasi, tetapi juga mencakup organisasi dan penyebaran petunjuk komunikasi  baru yang terhubung dengan sebuah organisasi, jaringan , atau teknologi komunikasi.
Di University of Technology Sydney dan Bond University, Australia misalnya, program studi Manajemen Komunikasi ditempatkan di lingkungan Faculty of Social Sciences and Humanities. Demikian halnya di Amerika Serikat, Program Studi manajemen komunikasi ditempatkan sebagai bagian Annenberg School of Communication di University of Southern California. Sementara itu, program studi Komunikasi Manajemen justru ditempatkan di School of Management, hal ini berlaku misalnya untuk Waikato University New Zealand. Kenyataan seperti ini juga terjadi di berbagai universitas di Eropa dan Canada.
Kajian manajemen komunikasi adalah fenomena/peristiwa komunikasi, sedangkan disiplin manajemen hanya diperlakukan sebagai tool of analysis tambahan yang fungsinya memperkaya dan mempertajam analisis terhadap berbagai fenomena komunikasi.

Jadi saya dapat menyimpulkan bahwa managemen komunikasi merupakan kajian dalam bidang komunikasi yang membahas managerial kepada seseorang, sedangkan komunikasi managemen berada pada lingkup managemen yang membahas managerial pada suatu organisasi.

Sumber :
Tulisan Dr. Antar Venus M.A. pada Jurnal Komunikasi Dan Informasi Edisi September, 2008 dalam http://amkindonesia.blogspot.com/2011/05/mengenal-manajemen-komunikasi.html
Pauley, Judith A., dan Joseph F. Pauley. Komunikasi: Kunci Kepemimpinan Efektif. Milwaukee, Wis: ASQ Mutu, 2009. Cetak.

No comments:

Post a Comment