Manajemen
komunikasi itu apa? Sama gak sih dengan
komunikasi manajemen? Pertanyaan itu mungkin sempat terbersit dalam pikiran
anda, apalagi bagi para mahasiswa semester awal seperti saya. Beberapa kali
saya mencari sumber dan mencoba memahami pelan-pelan perbedaan mendasar antara
kedua kata yang saya fikir semula hanya sakadar kata yang dibalik.
Menurut
Kaye, istilah manajemen komunikasi merujuk kepada bagaimana orang-orang
mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dalam berbagai
setting atau konteks komunikasi. Dalam proses komunikasi tersebut, lebih lanjut
Kaye menyatakan terkandung adanya upaya optimal untuk memanfaatkan manusia dan
teknologi guna membangun dialog di antara pelaku komunikasi.
Dalam
sebuah situs asosiasi managemen komunikasi, saya menemukan tulisan Dr.Antar
Venus yang menyimpulkan bahwa manajemen komunikasi adalah proses pengelolaan
sumber daya komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan
efektivitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi
(komunikasi individual, organisasional, pemerintahan, sosial, atau bahkan
internasional).
Sekarang
saya beralih pada komunikasi manajemen. Berdasarkan buku yang ditulis oleh J.A
.Pauley dan J.F.Pauley, komunikasi
manajemen adalah sistematis perencanaan , pelaksanaan, pemantauan, dan revisi
dari semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi , dan antara organisasi, tetapi juga
mencakup organisasi dan penyebaran petunjuk komunikasi baru yang terhubung dengan sebuah organisasi,
jaringan
, atau teknologi komunikasi.
Di
University of Technology Sydney dan Bond University, Australia misalnya,
program studi Manajemen Komunikasi ditempatkan
di lingkungan Faculty of Social Sciences and Humanities. Demikian halnya
di Amerika Serikat, Program Studi manajemen komunikasi ditempatkan sebagai
bagian Annenberg School of Communication di University of Southern
California. Sementara itu, program studi Komunikasi Manajemen justru ditempatkan di School of
Management, hal ini berlaku misalnya untuk Waikato University New Zealand.
Kenyataan seperti ini juga terjadi di berbagai universitas di Eropa dan Canada.
Kajian manajemen komunikasi adalah
fenomena/peristiwa komunikasi, sedangkan disiplin manajemen hanya diperlakukan
sebagai tool of analysis tambahan yang fungsinya memperkaya dan
mempertajam analisis terhadap berbagai fenomena komunikasi.
Jadi
saya dapat menyimpulkan bahwa managemen komunikasi merupakan kajian dalam
bidang komunikasi yang membahas managerial kepada seseorang, sedangkan
komunikasi managemen berada pada lingkup managemen yang membahas managerial
pada suatu organisasi.
Sumber :
Tulisan Dr. Antar Venus M.A.
pada Jurnal Komunikasi Dan Informasi Edisi September, 2008 dalam http://amkindonesia.blogspot.com/2011/05/mengenal-manajemen-komunikasi.html
Pauley, Judith A., dan Joseph F. Pauley. Komunikasi:
Kunci Kepemimpinan Efektif. Milwaukee, Wis:
ASQ Mutu, 2009. Cetak.
No comments:
Post a Comment