Monday 19 March 2012

Kasus yang dapat ditanggulangi seorang Public Relations


Kasus-kasus yang terjadi dalam perusahaan
(internal maupun eksternal)
1.    Citibank Bantah Sistemnya Tidak Aman (pada kasus Malinda Dee)
Sistem keamanan bank Citibank dainilai tim pengacara Malinda Dee masih lemah karena sistem tersebut sampai kecolongan mendeteksi kemungkinan tandatangan palsu yang digunakan terdakwa kasus pencucian uang itu. Selain itu audit internal yang dilakukan berkala dianggap tidak efektif sehingga praktik yang dilakukan Malinda berlangsung bertahun-tahun. Menaggapi hal itu, Vice President Coorporate Affair Citibank, Mona Monika menyatakan tidak sependapat. Menurutnya Citibank selalu mengaudit dan melakukan investigasi internal serta secara kooperatif melaporkan hasilnya ke pihak kepolisian terkait kemungkinan atasan Malinda selevel supervisor atau manajer ikut terlibat. Selasa(15/11/2011).

2.    Proyek ListrikMolor, PLN salahkan China

PT PLN (Persero) menyalahkan kontraktor Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) asal China yang telah membuat program percepatan 10.000 Megawatt (MW) tahap 1 molor dari jadwal. Direktur Utama PLN, Nur pamudji mengatakan bahwa kontraktor China berbeda dengan Jepang, yang selalu on time. Padmudji menjelaskan, seluruh PLTU dalam proses fast track 10.000 MW saat ini dibangun kontraktor asal China. Dari 37 PLTU yang dibangun, hanya 1 PLTU, yaitu PLTU Labuan, yang pelaksanaan pembangunannya tepat waktu. Pihak PLN memberikan sanksi kepada kontraktor asal China sesuai dengan kontrak perjanjian. Sanksi tersebut diberikan dengan tingkatan berbeda dn maksimal 10 perses dari nilai kontrak. Kamis (15/03/2012)
Sumber berita : http://bisnis.vivanews.com/news/read/296588-proyek-listrik-ri-molor--pln-salahkan-china

3.    Gaji Karyawan Djakarta Lloyd Belum Dibayar, Dahlan Iskan Minta Direksi Mikir.
PT Djakarta Lloyd, salah satu perusahaan negara bidnag perkapalan masih belum membayar gaji karyawannya selam 14 bulan yang nilainya mencapai Rp 35 milyar. Direksi diminta berpikir keras! Hai ini disampaikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/03/2012). Selain menunggak gaji karyawan, Djakarta Lloyd juga mempunya utang ke beberapa debitur. Serta saat ini mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp 3,6 triliun dan sudah diambang kebangkrutan. Mantan Dirut PLN ini menyatakan Djakarta Lloyd tak bisa digabungkan ke BUMN lain karena sedang mengalami kasus hukum akibat kerugian yang terjadi. saat ini kerugian ditaksir mencapai Rp 3,6 triliun dan sudah diambang kebangkrutan, tidak ingin menanggung tanggung jawab sendirian, Syahril akan menyeret mantan-mantan Direksi ke meja hijau. Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis BUMN, Achiran Pandu Djajanto sebelumnya juga membenarkan perihal tunggakan pembayaran gaji senilai Rp 36 miliar. Ini belum termasuk pesangon, jika Djakarta Lloyd pailit dan belum juga termasuk dana pensiun.
Sumber berita : www.detik.com
4.    Bank Tertua Swiss Digugat AS karena Menyembuyikan Data Pajak
Departemen Kehakiman AS menuntut bank tertua di Swiss karena membantu para wajib pajak AS menghindari pajak. Jumlah ekayaan para wajib pajak yang disembunyikan ini mencapai US$ 1,2 milyar lebih. Ini merupakan pertama kalinya AS menuntut bank asing karena membantu pengindaran pajak. Bank yang dituntut adalah Wegelin and Co yang didirikan pada 1741. Bank ini dituduh membiarkan para nasabahnya dari AS membuat rekening menggunakan nama palsu atau perusahaan fiktif untuk menghindari pajak. Sabtu (04/02/2012).
Sumber berita : http://finance.detik.com/read/2012/02/04/130705/1834158/4/ngumpetin-data-pajak-bank-tertua-swiss-digugat-as
5.    Tak Kunjung Bayar Dana Nasabah, Bakrie Life dipanggil DPR
Anggota Komisi XI DPR Maruarar Sirait mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi XI berncana memanggil manajemen PT Asuransi Jiwa Bakrie Bakrie Life) pada masa awal siding 2011 karena perusahaan tersebut tidak membayar angsuran dana pokok nasabah Diamond Investa selama 2011. Menurutnya, Bakrie Life dinilai telah mengingkari janji yang tertuang dalam Surat Kesepakatan Bersama (SKB). Maruarar meminta Bakrie Life untuk menepati janjinya. Selama 2011 Bakrie Life tidak mencicil sama sekali. Semua kesepakatan meleset dari jadwal dengan alasan Bakrie Life belum dapat kucuran dana dari induk usahanya, Bakrie Grup. Senin (09/01/2012)

6.    Masalah Internal, Mandaa Hentkan Operasi
Maskapai penerbangan Mandala Airlines akan menghentikan operasinya terhitung sejak hari ini (kamis, 13/1). Penghentian tersebut akan berlangsung hingga 45 hari ke depan. Alasan penghentian operasional ini adalah adanya masalah internal dalam perusahaan tersebut. Masalah tersebut berkaitan dengan keuangan. Menurut Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti, Mandala sedang bersengketa dengan perusahaan yang menyewakan pesawat kepada perusahaan tersebut. Saat ini terdapat 5 unit pesawat airbus Mandala yang disewa dari perusahaan luar negeri. Mandala mengalami kesulitan melunasi uang sewa pesawat-pesawat tersebut.

7.     Kesalahan sistem, Tyota tarik kendaraannya.
Align LeftToyota produsen terbesar otomotif di Dunia akan menarik 4,1 juta kendaraan yang telah dijual di Amerika dan di Eropa untuk memperbaiki kesalahan dalam proses gas pedal yang berpengaruh pada akselerasi yang tidak diinginkan. Padahal pada bulan November perusahaan tersebut telah menarik ( recall) sebanyak 5,3 Juta kendaraan terkait dengan masalah pada floor mat yang mengganjal pedal gas. Total penarikan ( recall) akibat kesalahan atau failure yang berhubungan dengan pedal jadi berjumlah sekitar 9 Juta unit di seluruh dunia.
Sedangkan pesaingnya Honda pada bulan Januari telah menarik 646,000 Honda Jazz,Fit dan Cities untuk memperbaiki kesalahan pada sistem window-nya.

8.    Laba Usaha Indosat Turun 21%

PT Indosat Tbk (ISAT) mencatatkan penurunan laba usaha sebesar 21 persen menjadi Rp2,83 triliun pada akhir tahun 2011 dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp3,44 triliun.
Sebelumnya, pada 7 Februari 2012 perseroan telah menandatangani dokumen perjanjian dengan PT Tower Bersama Infrastructure (TBIG) dan anak usaha PT Solusi Menara Indonesia untuk penjualan maupun penyewaan kembali 2.500 menara. Selasa (06/03/2012)

9.    Manajemen tak tepati janji, Telkomsel Diminta Jaga Layanan walu Karyawan Demo

Serikat Pekerja Telkomsel melakukan mogok dan demonstrasi besar-besaran pada Kamis, 10 November 2011. Aksi ini merupakan akumulasi kekecewaan karyawan pada manajemen yang tidak menepati Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2 yang disepakati tahun lalu. Meski terjadi mogok besar-besaran, pemerintah, khususnya Kementerian Kominfo tidak ikut campur terhadap masalah internal operator telekomunikasi terbesar di Indonesia tersebut. “Terkait pemogokan karyawan Telkomsel, kami tidak akan ikut campur,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto, di Jakarta, Rabu 9 November 2011. “Namun demikian, jangan sampai mogok mereka ini mengganggu layanan telekomunikasi,” ucapnya. “Pemerintah akan mengambil tindakan jika aksi pemogokan mengganggu layanan telekomunikasi karena itu telah melanggar undang-undang layanan publik,” kata Gatot. “UU itu sendiri tidak hanya menyangkut lembaga negara, tetapi juga perusahaan swasta”. Meski begitu, Gatot mengaku, pihaknya tidak mengetahui secara jelas apa yang menjadi permasalahan utama dari kisruh antara manajemen dan karyawan Telkomsel. “Saya nggak tahu masalahnya apa, tapi yang pasti, jangan sampai demonstrasi mengganggu masyarakat,” ucapnya. Rabu (09/11/2011)

10.  Perusahaan Nazaruddin Diduga Terlibat Korupsi Vaksin Flu Burung
PT Anugerah Nusantara, perusahaan Muhammad Nazaruddin, diduga melakukan penggelembungan biaya (mark up) dengan nilai sementara Rp 314 miliar. Dari hasil penelusuran, sampai pekan lalu, penentuan harga tanpa patokan itu mengakibatkan penggelembungan biaya 40 hingga 60 persen dari nilai kontrak sebenarnya. Contohnya, ada alat berupa oven untuk produksi vaksin flu burung yang harga per unit hanya Rp 25 juta disulap menjadi Rp 3 miliar. Sedangkan menurut pengacara Nazaruddin, Junimart Girsang, Nazaruddin tidak terlibat dalam proyek pengadaan fasilitas produksi, riset, dan alih teknologi vaksin flu burung.
Sumber : Kompas, Senin, 19 Maret 2012, halaman 2 

1 comment:

  1. ternyata temen SMA ane seorang bloger... nida thanks bgt postingannya...

    ReplyDelete