Sunday 25 March 2012

Persamaan dan Perbedaan Komunikasi Massa Media Lama dengan Medai Baru


Persamaan komunikasi massa media lama dengan media baru
-       Menyampaikan informasi kepada khalayak
-       Pesan yang disampaikan bersifat umum
-       Stimulasi alat indera terbatas
-       Memiliki fungsi informasi, pendidikan, dan memengaruhi
-       Terdapat hubungan (media massa-masyarakat) resiprok – saling memengaruhi
-       Memiliki dampak pada pengetahuan, persepsi dan sikap orang-orang; memainkan peranan penting dalam transmisi sikap, persepsi dan kepercayaan; dan sebagai agen sosialisasi[1]
Perbedaan komunikasi massa media lama dengan media baru
No
Media lama
Media baru
1
Meliputi media cetak, radio, dan televisi
Meliputi media online, seperti media cetak yang diubah
dalam format digital, tv online, dan radio streaming
2
Informasi selalu bersifat formal dan dapat dipertanggungjawabkan
Informasi pada situs tertentu tidak bersifat formal sehingga kredibilitas informasi tidak dapat dipertanggungjawabkan
3
Harus menunggu informasi pada jam yang dijadwalkan
Mudah dalam pencarian informasi yang ingin didapatkan dan tidak terbatas pada jadwal tertentu
4
Khalayak tidak terhubung pada media dan sesama pengguna
Para pengguna dapat terhubung secara langsung
5
Tidak memungkinkan untuk bersinggungan dengan ruang pribadi
Memungkinkan untuk bersinggungan dengan ruang pribadi (dapat diakses melalui ponsel)
6
Komunikan anonim dan heterogen
Komunikan dapat diketahui pada registrasi awal, misalnya sign in saat ingin mengekses pikiranrakyat-online.com
7
Mengutamakan isi ketimbang hubungan
Pada kondisi tertentu mengutamakan aspek hubungan,
padahal tidak jelas apa yang dibahas
8
Umpan balik bersifat tertunda dan tidak langsung
Umpan balik dapat disampaikan secara langsung, seperti 'komentar'
9
Khalayak tidak memiliki keleluasaan mencari yang diinginkan diluar jadwal yang telah ditentukan
Khalayak memiliki keleluasaan untuk mencari dan menemukan apa yang diinginkan

Sumber   : Ardaianto, Elvinaro, Lukiati Komala dan Siti Karlinah.2004.Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi
Revisi.Bandung:Simbiosa Rekatama Media.


[1] Dominick (2000) menyebutkan tentang dampak komunikasi massa, terutama televisi, yang menjadi agen sosialisasi (penyebaran nilai-nilai) memainkan peranan penting dalam transmisi sikap, persepsi dan kepercayaan.

No comments:

Post a Comment